Withdraw Aset Kripto Sentuh Angka Tertinggi Sepanjang Masa!

Naufal Muhammad

29th June, 2022

Laporan dari CoinShares menyatakan bahwa jumlah dana yang ditarik keluar dan dicairkan atau withdraw dari aset kripto dan produk investasi berbasis crypto mengalami peningkatan drastis. 

Menurut laporan tersebut, angka ini mencapai angka tertinggi sepanjang masa dengan banyaknya kekhawatiran di sekitar Faktor Makroekonomi. 

Withdraw Investasi Kripto Tertinggi Sepanjang Masa

CoinShares, sebuah perusahaan riset di dunia crypto, baru saja mempublikasi penelitian terkait data withdrawal atau penarikan dana dari produk investasi kripto. 

Laporan ini dipublikasi langsung pada situs blog Medium CoinShares dan situs resmi CoinShares pada 27 Juni 2022. 

Dalam laporan tersebut, tercatat bahwa tercatat jumlah withdraw yang mencapai angka $423 Juta dari aset investasi berbasis kripto di beberapa manajer investasi. 

Jumlah withdraw yang tinggi ini terlihat terjadi hanya dalam satu pekan, yang membuat angka ini adalah withdraw tertinggi dalam satu pekan sepanjang masa. 

Withdraw Aset Kripto Sentuh Angka Tertinggi Sepanjang Masa!
Data Withdraw Produk Investasi Kripto 2021 – 2022 CoinShares

Terlihat dari grafik yang disediakan oleh CoinShares bahwa sejak Tahun 2021, jumlah withdraw belum pernah menyentuh angka di atas $200 Juta bahkan $300 Juta. 

Kondisi perekonomian dan keuangan mayoritas dunia yang sedang hancur membuat  investor lebih memilih menyimpan uang fiat atau uang kas dan menarik dananya dari produk investasi kripto bahkan mencapai di atas $400 Juta withdraw. 

Jumlah withdraw yang meningkat ini juga kemungkinan besar dipengaruhi oleh mayoritas kripto terutama Bitcoin yang jatuh hingga melewati $20,000 beberapa pekan yang lalu.

Pergerakan harga tersebut membuat kekhawatiran, terutama pada investor awam yang menggunakan manajer investasi, sehingga angka withdraw ini terlihat masuk akal. 

Asumsi tersebut juga didukung dengan mayoritas withdraw terlihat berasal dari produk investasi berbasis Bitcoin. 

Terlihat dari tabel di bawah bahwa mayoritas withdraw berasal dari reksadana ETF Bitcoin, dengan penyumbang terbesar adalah Purpose ETF Bitcoin, sebuah ETF Bitcoin yang dikelola manajer investasi bernama Purpose di Kanada. 

Jumlah tersebut menyumbang jumlah aset kripto dan produk investasi berbasis kripto yang keluar ditarik atau withdraw dari manajer investasi oleh investor. 

Walau mayoritas produk investasi berbasis kripto bergerak turun, satu produk terlihat bergerak naik atau meningkat dalam jumlah pembelian dan deposit. 

Produk tersebut adalah produk investasi berbasis Bitcoin Short yaitu posisi short di pasar futures Bitcoin dimana pembeli dapat untung jika harga Bitcoin turun. 

Terlihat bahwa produk tersebut mengalami deposit dan pembelian hingga $15 Juta hanya dalam satu pekan. 

Selain itu dalam satu pekan terakhir pada pekan lalu, terlihat bahwa produk berbasis Ethereum (ETH) juga mengalami peningkatan dalam pembelian dan deposit yaitu sebesar $10,9 Juta.   

Withdraw Aset Kripto Sentuh Angka Tertinggi Sepanjang Masa!
Data Withdraw Produk Investasi Kripto 20 Juni 2022 – 26 Juni 2022 CoinShares

Dengan kondisi ini terdapat pergerakan yang negatif dimana terdapat hingga lebih dari $400 Juta ditarik namun hanya sekitar lebih dari $25 Juta masuk ke manajer investasi produk investasi berbasis kripto.

Negara penyumbang withdraw terbesar terlihat berasal dari Kanada yaitu sebesar $487,5 Juta dana yang keluar dari manajer investasi berbasis kripto.  

Faktor Makroekonomi dan Geopolitik Berperan Besar

Penarikan dana ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh buruknya kondisi perekonomian dan geopolitik di dunia saat ini. 

Dengan tingginya inflasi Amerika dan banyaknya negara yang terikat dengan Dolar Amerika, maka dunia kemungkinan besar akan menghadapi resesi besar. 

Bersama dengan krisis atau resesi ini, umumnya masyarakat dianjurkan untuk menyimpan uang fiat atau kas, untuk mengakomodir kebutuhan hidup. 

Urgensi memiliki kas ini menjadi semakin tinggi karena inflasi yang juga sedang tinggi, sehingga ada kemungkinan harga barang pokok juga akan naik. 

Jadi untuk menyesuaikan kebutuhan tersebut, masyarakat dianjurkan untuk menyimpan kas dan tidak menyimpan dananya di aset berisiko karena adanya potensi kerugian. 

Kondisi ini kemungkinan menjadi dasar utama mengapa banyaknya masyarakat yang menarik dana atau withdraw uangnya dari manajer investasi. 

Selain itu, kondisi geopolitik juga sedang mengkhawatirkan dengan adanya potensi konflik yang membesar antara negara G7 dengan Rusia. 

Kemungkinan besar faktor ini juga menjadi penyebab mengapa Kanada mengalami penarikan dana signifikan. Saat ini Kanada terlihat lebih aktif dalam perannya sebagai anggota negara G7. 

Hal tersebut membuat Kanada, negara yang sebelumnya dikategorikan sebagai negara “tenang” dalam ketegangan global, terlibat dalam perang jika Rusia memutuskan untuk menyerang kembali. 

Melihat saat ini negara-negara G7 juga melakukan sanksi kepada Rusia dan membatasi perdagangan dengan negara tersebut maka Kanada juga akan terimbas. 

Sebelum adanya konflik, Rusia adalah salah satu negara tujuan Kanada untuk mendapatkan penghasilan atau melakukan ekspor

Dengan kasus ini maka pendapatan Kanada kemungkinan akan turun yang dapat berdampak pada perekonomian negaranya. 

Ditambah dengan banyaknya ketegangan politik yang terjadi di pemerintahan Kanada, maka masuk akal jika banyak masyarakat yang bersiap-siap menghadapi krisis dengan menarik dana dan menyimpan kas. 

Oleh karena beberapa faktor ini, maka kemungkinan besar pemulihan dari produk investasi berbasis kripto belum akan terjadi, terutama dengan harga kripto yang juga belum siap pulih. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.