Berita Bitcoin · 5 min read

Blogger Temukan Whitepaper Bitcoin Tersembunyi di Produk Apple!

Whitepaper Bitcoin di Apple

Apple didapati telah menyembunyikan whitepaper Bitcoin Satoshi Nakamoto dalam produk MacBook selama 5 tahun. Whitepaper ini tersembunyi dalam sistem operasi MacBook versi modern.

Menurut keterangan blogger Andy Baio pada situs Wavy (5/4), ia menemukan salinan PDF dari whitepaper Bitcoin Satoshi Nakamoto saat mencoba memperbaiki printernya yang rusak.

Ia menduga bahwa setiap salinan whitepaper ini ada di perangkat MacOS Mojave. Mojave adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Apple dan dirilis pada tahun 2018. Nama “Mojave” diambil dari gurun Mojave di California Selatan, Amerika Serikat.

“Saya telah meminta lebih dari 12 teman yang menggunakan Mac untuk mengonfirmasi hal tersebut, file itu ada pada setiap mereka. File tersebut ditemukan pada setiap versi macOS dari Mojave (10.14.0) hingga versi saat ini, Ventura (13.3), tetapi tidak ada pada High Sierra (10.13) atau yang lebih awal,” ungkap Andy.

Baca Juga: Siapa Satoshi Nakamoto? Ini Hal yang Perlu Kita Ketahui!

Teori Penemuan Whitepaper Bitcoin

Andy bertanya-tanya mengapa whitepaper Bitcoin dipilih sebagai contoh dokumen dalam pengambilan gambar.

Apakah ada kaitannya dengan adanya “maxi Bitcoin” yang bekerja di Apple? Nama file tersebut adalah “simpledoc.pdf” dan ukurannya hanya 184 KB. Mungkin saja itu hanya dipilih sebagai PDF multi-halaman yang ringan dan nyaman untuk keperluan pengujian, dan sebenarnya tidak dimaksudkan untuk dilihat oleh pengguna akhir.

Andy Baio.

Namun, tidak ada informasi yang dapat mengkonfirmasi teori bahwa ada maxi Bitcoin atau pendukung Bitcoin yang bekerja di Apple dan terlibat dalam pemilihan whitepaper Bitcoin sebagai contoh dokumen dalam pengambilan gambar.

Cara Melihat Whitepaper Bitcoin pada Mac

Jika kamu menggunakan macOS 10.14 atau versi yang lebih baru, kamu dapat membuka PDF Bitcoin dengan mudah menggunakan aplikasi Pratinjau. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka PDF Bitcoin yang ingin dibuka.
  2. Klik kanan pada file PDF dan pilih “Buka dengan” dari menu yang muncul.
  3. Pilih “Pratinjau” dari daftar aplikasi yang tersedia.

Jika kamu tidak nyaman menggunakan Terminal, kamu dapat membuka PDF Bitcoin dengan langkah alternatif berikut:

  1. Buka Finder dan klik pada “Macintosh HD”.
  2. Buka folder “System”, kemudian buka folder “Library”.
  3. Buka folder “Image Capture”, lalu buka folder “Devices folder”.
  4. Kontrol-klik pada “VirtualScanner.app” dan pilih ” Show Package Contents”.
  5. Buka folder “Isi”, kemudian buka folder “Resources” di dalamnya.
  6. Buka file “simpledoc.pdf”.
Whitepaper Bitcoin di Apple
Gambar Whitepaper Bitcoin di Apple

Secara default, Virtual Scanner II menunjukkan sebuah foto, tetapi ketika Andy mengubah jenis media dari “Foto” menjadi “Dokumen,” kemudian whitepaper Satoshi Nakamoto muncul begitu saja.

Untuk melihat pratinjau halaman pertama makalah Bitcoin di aplikasi pengambilan gambar, pengguna perlu memilih perangkat “Virtual Scanner II” jika tersedia.

Kemudian, pergi ke opsi “Detail: dan ubah “Media” menjadi “Dokumen” dan DPI Media menjadi “72 DPI”. Setelah itu, pratinjau halaman pertama dari makalah Bitcoin akan muncul di layar.

Baca Juga: Penghasilan Miner Bitcoin Sentuh Rp10,7 Triliun!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.