WhatsApp Rilis Pembayaran Elektronik Fiat, Berbeda dari Libra?

Wafa Hasnaghina

17th June, 2020

WhatsApp telah meluncurkan secara perdana pembayaran elektronik pada platformnya, dengan Brazil sebagai negara pertama yang resmi merilis pembayaran tersebut secara nasional.

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin, 15 Juni 2020 oleh WhatsApp, pengguna yang memiliki kartu debit atau kredit Visa dan Mastercard dari Banco do Brasil, Nubank atau Sicredi sekarang dapat melampirkan pembayaran instan ke pesan mereka.

Dalam pelaksanaannya, terdapat batasan moneter yang belum spesifik yang diberlakukan terkait masalah Anti Pencucian Uang dan Aksi dalam Memerangi Pendanaan Terorisme. Selain itu, pengguna WhatsApp di Brazil tidak dapat melakukan lebih dari 20 transaksi per harinya dalam aplikasi tersebut.

WhatsApp dilaporkan memiliki lebih dari 120 juta pengguna di Brazil, atau sekitar 57% dari seluruh populasi negara itu.

Sementara siaran pers resmi tidak menyebutkan yurisdiksi selain negara Brazil, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan pada halaman pribadinya bahwa akan ada lebih banyak negara yang diharapkan dapat mengakses ketentuan ini.

Sistem Pembayaran WhatsApp Berbeda dari Libra

Ketentuan pembayaran ini dilaksanakan melalui Facebook Pay, sistem pembayaran yang dikembangkan pada 2019 silam untuk aplikasi-aplikasi yang berafiliasi dengan Facebook seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Seperti yang telah ditekankan perusahaan di masa lalu, Facebook Pay “dibangun di atas infrastruktur keuangan dan kemitraan yang ada” dan tidak terkait dengan dompet Novi (mis. Calibra) yang akan berjalan di jaringan Libra.

Baca juga: Inti dari Libra Facebook adalah Blockchain, Bukan Crypto!

WhatsApp mungkin menggunakan sistem pembayaran yang berbeda dalam pembayaran elektronik fiat di berbagai negara. Di India, platform raksasa pengiriman pesan ini sudah melakukan pengujian terkait pembayaran dalam aplikasi selama berbulan-bulan, WhatsApp sendiri bertujuan menggunakan solusi yang dikembangkan secara lokal yang disebut UPI. Hal ini diduga terkait dengan tekanan yang didapatkan WhatsApp dari regulator domestik.

Meskipun demikian, WhatsApp diharapkan tetap mendukung Koin Libra dalam beberapa titik di masa depan. Tidak seperti pembayaran fiat WhatsApp nasional di negara-negara seperti Brazil dan India, Facebook telah memasarkan Libra sebagai solusi global untuk orang-orang yang tidak memiliki rekening bank. 

Baca juga: WhatsApp Akan Luncurkan Pembayaran Digital di Indonesia

Menurut siaran pers Mei lalu dari Novi, dompet digital yang dimiliki Facebook akan diintegrasikan ke dalam WhatsApp setelah perilisan dilakukan. Novi sendiri mendukung pembayaran dalam stablecoin in-house seperti LibraUSD, LibraEUR dan Libra GBP, serta koin multi-mata-uang yang disebut LBR.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini