Berita Industri · 8 min read

Volume Opsi Ethereum Melonjak, Tertinggi Sejak Mei 2022

Ethereum Shadow Fork

Volume opsi Ethereum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan selama Maret 2023. Menurut data The Block (31/3), volume opsi Ethereum meningkat menjadi US$14,22 miliar, tertinggi sejak Mei 2022.

Gambar Volume opsi Ethereum. Sumber: The Block

Lonjakan volume kemungkinan disebabkan oleh antisipasi kenaikan harga Ethereum setelah peluncuran upgrade Shanghai Capella atau Shapella pada 13 April 2023 waktu Indonesia.

Baca juga: Shapella Upgrade Siap Rilis, Withdrawal ETH Segera Tersedia!

OI Opsi CME Ethereum

Opsi ETH di CME juga memiliki proyeksi kenaikan di Maret 2023, angka opsi yang tinggi ini menunjukan trader mulai mengumpulkan kontrak opsi sebelum terjadinya upgrade Shapella dan bertaruh pada harga ETH di masa depan.

Kami telah melihat peningkatan pembelian opsi call ETH minggu ini. Namun, saya tidak melihat sebagian besar arus naik ini sebagai bullish. Saya percaya beberapa pembelian opsi call ini ditutup dari posisi ETH pendek untuk memonetisasi penyebaran ini

Joe Kruy, Head of institutional coverage America’s at Paradigm.

Joe juga mengatakan bahwa pembelian opsi volatilitas dilakukan sebagai bentuk lindung nilai menjelang acara tertentu, tetapi jumlah pembelian tersebut masih sedikit jika dibandingkan dengan perdagangan opsi Bitcoin secara keseluruhan.

Gambar volume OI CME Ethereum. Sumber: The Block Data

Menurut grafik di atas, volume open interest (OI) opsi CME Maret 2023 diprediksi akan menyentuh US$143,5 juta yang menjadi angka tertinggi terbaru sejak Agustus 2022. Di Februari angka OI CME berada di angka US$135,41 juta.

Pentingnya Upgrade Shapella

Shapella memungkinkan penarikan Ether yang dipertaruhkan untuk pertama kalinya, ini menjadi salah satu faktor yang memperkuat minat pedagang terhadap aset kripto tersebut.

Kemampuan untuk melakukan penarikan Ether yang telah di-staking dianggap penting, sebab ini akan memberikan akses yang lebih mudah bagi validator untuk mengakses dana mereka.

Upgrade Shapella berpotensi meningkatkan likuiditas dan jumlah validator di jaringan Ethereum. Saat ini jaringan Ethereum memiliki sekitar 560.000 validator.

Baca juga; Shapella Upgrade Siap Rilis, Withdrawal ETH Segera Tersedia!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.