Volt#04 dari Friktion, Cara Baru untuk Tetap Untung Saat Bear Market

Anisa Giovanny

31st May, 2022

Friktion salah satu proyek yield farming memberikan gagasan menarik untuk tetap bisa menghasilkan meski market crypto sedang dalam fase penurunan. Lewat produknya yang bernama Volt, Friktion menghadirkan Vol#04: Basis yield.

Untuk mengenal Volts dan berbagai jenisnya, kamu dapat menemukannya di situs Friktion.

Volt #04 menghasilkan pengembalian menggunakan strategi arbitrase dasar delta-netral otomatis, memonetisasi perbedaan antara harga spot dan harga perpetual.

Kapasitas Volt#04 saat ini berada di $7 juta USDC, ambang batas yang ditentukan oleh beberapa kriteria. Faktor ini sebagian besar didorong oleh likuiditas pasar yang tersedia.

Saat ini, Volt#04 menawarkan strategi long basis dimana long SOL-PERP dan short SOL (pinjam+jual) ke delta-hedge (±1%). Volt ini berkinerja terbaik di lingkungan tingkat pendanaan negatif, ketika perpetual diperdagangkan di bawah spot.

Pengguna menyetor USDC yang digunakan di Mango, exchange perpetual terkemuka Solana yang didukung oleh Serum.  

Mirip dengan Friktion Volts lainnya, setelah Epoch dimulai , posisi target disebarkan menggunakan aset yang disimpan di Volt. Epoch diselesaikan setiap minggu pada Rabu malam (UTC) secara default.

Epoch baru secara otomatis dipicu ketika jumlah deposit yang tertunda melebihi ambang batas,  ini dilakukan untuk meminimalkan dampak harga dari pilihan yang merugikan.

Baca juga: Mengenal Friktion, Portofolio Manager Aset Crypto

CATATAN: Epochs dengan sejumlah besar setoran/penarikan masuk mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk diselesaikan guna meminimalkan dampak harga dan mengurangi selip. Selama Volt diseimbangkan kembali, tidak ada setoran baru yang dapat dibuat.

Sama seperti banyak crypto pada umumnya, Volts#04 juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan calon pengguna, diantaranya adalah sebagai berikut.

Risiko Volts #04

Tingkat pendanaan

Versi Volt#04 saat ini mengumpulkan dana di lingkungan tingkat pendanaan negatif. Dalam lingkungan tingkat pendanaan positif yang diperpanjang, Volt mungkin mengalami kerugian karena sumber dananya berubah.

Slippage

Paparan Delta dimungkinkan jika lindung nilai yang tidak sempurna terjadi karena selip dari rebalance Volt.

Suku bunga pinjaman

Karena posisi short spot Volt#04 meminjam untuk menjual jangka pendek, periode peningkatan suku bunga pinjaman yang tinggi dapat berdampak buruk pada kinerja Volt.

Risiko smart contract

Mango v3 dalam versi beta publik dan merupakan perangkat lunak yang tidak diaudit. Volt#04 Friktion menggunakan program terpisah dari Volt lain dan tidak diaudit.

Proses Eksekusi

Berikut ini proses eksekusi produk Volt#04 dari perspektif pengguna, lapisan manajemen risiko, dan pertukaran.

Proses Volts#4 Friktion

Baca juga: Apa itu Smart Contracts?

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency