Berita Altcoins · 8 min read

Vitalik Buterin Peringatkan Biaya Tinggi Dapat Ancam Keamanan Ethereum

Vitalik Buterin si pencipta Ethereum menyerukan reformasi sistem biaya mata uang crypto. ia memperingatkan bahwa kenaikan biaya transaksi dapat merusak keamanan jaringan.

Ide ini didasarkan pada sebuah paper yang menunjukkan meningkatnya ketergantungan miner pada biaya transaksi dapat mendorong praktik mining yang berorientasi pada keuntungan sendiri dalam upaya mengekstraksi keuntungan yang lebih besar. Hal ini berisiko mengganggu pemrosesan sebuah transaksi.

Pendapat Buterin ini disampaikan ketika pengguna melaporkan biaya transaksi Ether mencapai 100 gwei. Pendiri Mythos Capital, Ryan Adams memberikan tanggapannya melalui cuitan di Twitter dengan mengatakan jaringan Ethereum seharusnya “menemukan cara untuk menyesuaikan nilai pada setiap bloknya”.

Vitalik Buterin mengadvokasi penerapan Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1599 untuk mereformasi biaya Ethereum. Ini melibatkan pembakaran biaya dasar untuk mengurangi ketergantungan penambang pada tarif transaksi. Namun, sebagian pengguna belum begitu terlatih menggunakan sistem dari proposal tersebut.

Baca juga: Vitalik Buterin si Pencipta Ethereum Tawarkan Solusi Scaling Transaksi ETH

Vitalik Buterin Mendesak Adopsi EIP-1559

Postingan Buterin mengutip makalah 2016 berjudul On the Instability of Bitcoin Without the Block Reward yang ditulis oleh empat peneliti dari Universitas Princeton, menguraikan risiko terkait dengan kenaikan biaya transaksi.

Makalah ini juga berusaha memperingatkan beberapa ancaman terhadap kinerja dan keamanan Bitcoin (BTC) yang mungkin timbul karena penambang menjadi semakin bergantung pada biaya transaksi karena hadiah blok menyusut dari waktu ke waktu.

Para peneliti menyatakan bahwa variasi yang tinggi dalam biaya transaksi dapat memberi insentif pada praktik mining “egois” ketika peristiwa halving terjadi. Mereka memperkitakan bahwa miner dapat mencoba memotong blok-blok “besar” untuk mencuri hadiah yang terkandung di dalamnya.

Komunitas Ethereum Berhati-hati

Proposal EIP-1599 ini akan menghadapi peningkatan total kapasitas jaringan menjadi 16 juta gas, jumlah ini naik dari yang tadinya 12,5 juta pada saat ini. Ini juga dengan asumsi biaya dasar bergerak naik atau turun berdasarkan pada kapasitas di atas atau di bawah target 10 juta gas tersebut. Penambang hanya akan menyimpan uang tip yang dibayarkan untuk memprioritaskan transaksi, sedangkan biaya dasar akan dibakar.

Komunitas Ethereum sendiri masih jauh dengan kata sepakat dan masih mencari konsensus dalam mendukung EIP-1559 ini. Pendiri Ethereum Name Service, Nick Jonshon memberikan tanggapannya di Twitter, “Saya tahu saya hanya memiliki sedikit pengetahuan terkait hal ini, tetapi apakah Anda tidak khawatir mengenai kurangnya analisis formal yang menunjukkan 1559 dapat berperilaku sebagaimana yang diinginkan? “

Kekhawatiran juga telah diungkapkan terkait potensi miner untuk memanipulasi biaya dasar. Pengembang Fernando Nieto juga mengkritik paper yang dikutip oleh Buterin ini, dengan alasan bahwa asumsi yang mendasarinya masih cenderung lemah.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.