Berita Industri · 6 min read

Vitalik Buterin Luruskan Kesalahpahaman Tentang Metaverse

Vitalik Buterin

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep Metaverse telah menangkap imajinasi individu dan bisnis di seluruh dunia, menandai era baru perendaman dan konektivitas digital.

Namun, salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, menantang pemahaman konvensional tentang Metaverse, dan menganjurkan pendekatan yang lebih bernuansa dan beragam dalam realisasinya.

Pada konferensi BUIDL Asia di Seoul, (27/3), Buterin membahas kesalahpahaman umum bahwa Metaverse identik dengan virtual reality (VR) saja.

Dia berpendapat bahwa meskipun VR menawarkan pengalaman yang imersif, VR menyederhanakan kebutuhan pengguna, mengabaikan cakupan yang lebih luas dari apa yang dimaksud dengan Metaverse sebenarnya.

“Bagi saya, Metaverse adalah salah satu hal yang definisinya sangat buruk. Lebih menyukai nama merek daripada produk. Rasanya setiap orang mempunyai gagasan abstrak bahwa ada dunia maya yang bisa diikuti oleh semua orang dan dunia maya sebenarnya tidak dimiliki oleh siapa pun. Namun tantangannya adalah mereka sering terhubung dengan realitas virtual,” kata Buterin. 

Baca juga: Riset Sebut Metaverse Tuai Sentimen Positif di Media Sosial

Metaverse Merupakan Hasil Sinergi dari Teknologi Lain

Menurut Buterin, pengalaman Metaverse yang sebenarnya mungkin muncul dari penggabungan elemen dunia virtual yang ada, termasuk aspek tertentu dari kripto, realitas virtual, dan kecerdasan buatan, bukan dari upaya untuk menciptakan lingkungan mirip Metaverse secara langsung.

“Hal yang saya harapkan paling mirip dengan metaverse yang benar-benar masuk akal bukanlah sesuatu yang mencoba menjadi metaverse. Tapi sesuatu yang mengambil semua hal di dunia virtual yang berbeda yang sudah kita miliki termasuk bagian dari kripto, VR, AI dan menggabungkannya dengan cara yang benar,” kata Buterin.

Baca juga: China Bentuk Kelompok Standarisasi Metaverse

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.