Vietnam Bentuk Tim Riset Crypto untuk Evaluasi Kebijakan

Wafa Hasnaghina

13th May, 2020

Kementerian Keuangan Vietnam telah menyetujui untuk membentuk tim riset yang bertugas mempelajari dan membuat proposal kebijakan mengenai cryptocurrency dan aset virtual lainnya. Pada Senin 11 Mei 2020 lalu, Pemerintah mengumumkan tim ini akan terdiri dari sembilan anggota yang dipimpin oleh wakil ketua Komisi Sekuritas Negara, Pham Hong Son.

Anggota tambahan termasuk perwakilan lain dari Departemen Umum Perpajakan sebuah Regulator Sekuritas Negara, Institut Nasional Keuangan, Departemen Umum Bea Cukai Vietnam, dan juga Departemen Perbankan dan Lembaga Keuangan Bank Negara Vietnam.

Tim riset ini akan membantu negara dalam ikut berpartisipasi dalam perkembangan baru dalam sektro blockchain yang sedang berkembang pesat. Hal ini akan memungkinkan Vietnam dalam menanggapi tantangan yang besar berupa peraturan itu sendiri.

Vietnam Melarang Crypto pada Tahun 2018 

Pada bulan Agustus 2017, perdana menteri Vietnam menyetujui rencana untuk mengawasi pengembangan kerangka hukum cryptocurrency yang akan dilakukan Agustus tahun selanjutnya. Hal ini menunjukan aset crypto akan bisa diakui secara hukum di dalam negara.

Namun sayangnya pada 11 April 2018, Bitcoin masih dilarang keberadaannya sebagai alat pembayaran. Ini berarti individu dan bisnis yang masih bisa secara bebas melakukan investasi swasta dalam crypto, tetapi di sisi lain mata uang digital tidak dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa.

Baca juga: Regulasi Crypto Dapat Mencegah Krisis Keuangan

Dua hari kemudian sebuah arahan dikeluarkan yang mengamanatkan lembaga kredit untuk membatasi layanan yang diberikan kepada mata uang digital untuk melindungi dari risiko pencucian uang. 

Vietnam belum secara resmi memperbarui peraturan tersebut sejak amanat tersebut diperintahkan. Hingga saat ini tidak ada kerangka kerja peraturan untuk pertukaran cyrpto di negara tersebut.

Exchanges Tidak Diatur di Vietnam

Meski tidak terdapat kerangka kerja legislatif, perusahaan lokal telah melakukan upaya untuk melakukan exchanges di Vietnam selama bertahun-tahun.

Baru-baru ini, platform perdagangan peer-to-peer yang dioperasikan oleh Binance dan Paxful telah menargetkan pasar Vietnam, dengan Binance mengintegrasikan mata uang fiat on-ramp untuk mata uang dong Vietnam pada bulan Januari kemarin. 

Sumber