Venezuela Berlakukan Biaya dan Batas pada Pengiriman Crypto Lokal

By Aulia Medina     Tuesday, February 12 2019

Pemerintahan Venezuela perkenalkan regulasi untuk pengiriman crypto dalam negara, menurut sebuah keputusan yang dipublikasikan oleh Gaceta Oficial. Menurut dokumen tersebut, National Superintendency of Crypto Asset and Related Activities (SUNACRIP) akan bertanggung jawab atas perpajakan yang terkait dengan pengiriman dan penerimaan cryptocurrency. Legislasi baru dilaporkan akan diterapkan baik untuk individu maupun badan hukum.

Menurut persyaratan terbaru, Venezuela telah menetapkan batas bulanan dan komisi, dibayarkan kepada SUNACRIP, pada pengiriman uang kripto.

Menurut keputusan tersebut batas maksimal biaya untuk transaksi telah di ditetapkan menjadi 15 persen. Peraturan ini juga mengindikasi bahwa biaya minimal untuk transaksi crypto setara dengan 0,25 euro, atau sekitar $ 0,28.

Dokumen tersebut juga menetapkan batas bulanan untuk pengiriman crypto dalam mata uang digital nasional yang didukung Petro, pada 10 Petro per bulan. Menurut informasi harga pada CryptoCompare, jumlah dalam Petro sama dengan sekitar $ 600.

Baca juga: Indonesia Blockchain dan Cryptocurrency Landscape 2019

Jika jumlah bulanan melebihi $ 600, transaksi lebih lanjut akan memerlukan persetujuan dari SUNACRIP. Batas keseluruhan, catatan regulator, tidak boleh melebihi 50 Petro, atau sekitar $ 3.000.

Dokumen tersebut tidak menjelaskan bagaimana pemerintah tidak mengawasi layanan yang digunakan untuk bertransaksi dalam mata uang kripto yang terdesentralisasi, seperti Bitcoin (BTC), kecuali itu akan menggunakan “platform teknologi” untuk melanjutkan perpajakan.

Seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph, volume perdagangan Bitcoin di Venezuela telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa di tengah hiperinflasi masif dan krisis presiden yang sedang berlangsung. Volume naik hampir $ 7 juta per minggu pada platform p2p, LocalBitcoins saja pada awal Februari. Selain itu, Venezuela dan Kolombia menyumbang 85 persen volume perdagangan di bursa p2p di Amerika Latin, menurut Cointelegraph en Español.

Venezuela memperkenalkan kerangka kerja hukum baru untuk cryptocurrency dan teknologi terkait awal bulan ini. Keputusan tersebut menetapkan lisensi wajib untuk entitas pertambangan dan pertukaran crypto, dan membebankan denda untuk kegiatan yang tidak berlisensi.

Sumber