Vechain Kerja Sama dengan UFC, Kabar Positif Baru Setelah VeCarbon

Naufal Muhammad

10th June, 2022

Vechain (VET) dikabarkan baru saja tanda tangan kontrak kerja sama dengan UFC atau Ultimate Fighting Championship, olahraga pertandingan bela diri ternama di dunia. 

Kerja sama ini adalah untuk pemasaran Vechain dengan UFC agar bisnis yang terikat dengan UFC menggunakan jaringan Vechain untuk perihal logistiknya. 

Kabar ini menjadi kabar positif untuk VET setelah adanya kabar mengenai peluncuran jaringan VeCarbon dalam rangka mengendalikan polusi di dunia oleh bisnis. 

Vechain Kerja Sama dengan UFC

Kerja sama ini dikabarkan akan berjalan hingga beberapa tahun ke depan yang membuat nama Vechain masuk ke seluruh lini pemasaran UFC

Diperkirakan dengan adanya kerja sama pemasaran ini, Vechain akan terpampang kepada 900 Juta rumah di 175 negara yang merupakan konsumen dari UFC.  

Untuk kerja sama ini dikabarkan biaya yang dikeluarkan adalah sekitar $100 Juta dan membuat UFC sebagai kompetisi olahraga pertama yang resmi kerja sama jangka panjang dengan Vechain. 

Jangka waktu kerja sama ini diperkirakan paling singkat akan berjalan lima tahun ke depan namun memiliki ruang untuk diperpanjang menurut Sports Business journal. 

Kerja sama ini langsung dilakukan dengan dipampangnya Vechain pada pertandingan yang akan terjadi 11 Juni 2022 di Singapura. 

Pengeluaran yang dilakukan untuk pemasaran ini terlihat besar, namun melihat sejarah pemasaran Vechain untuk perusahaannya, kemungkinan dampaknya akan positif. 

Sebelumnya di kuartal satu 2022, Vechain hanya mengeluarkan $4 Juta untuk operasional dengan $660 Ribu untuk pemasaran, namun berhasil mendapatkan keuntungan bisnis sebesar $1,2 Miliar. 

Oleh karena itu kemungkinan besar kerja sama ini akan menjadi sentimen positif untuk Vechain dari sisi bisnisnya. 

Dengan kerja sama ini nantinya peringkat petarung UFC akan bernama “UFC Rangkings Powered by VeChain” sehingga nama Vechain akan sering disebut di seluruh pertandingan. 

Kedepannya Vechain juga akan integrasi lebih tinggi dalam kerja sama ini dengan adanya beberapa konten yang dibentuk bersama UFC untuk mencapai target 200 Juta individu tambahan. 

UFC terkenal sangat merangkul crypto dengan kerja sama sebelumnya bersama Crypto.com dan peluncuran token UFC. 

VeCarbon Masih Jalan

Kabar ini dapat menjadi sentimen positif tambahan untuk VET bersama dengan adanya sentimen positif sebelumnya dengan penciptaan VeCarbon.

VeCarbon merupakan sebuah lini bisnis baru Vechain yang produknya adalah jaringan yang berguna untuk perihal pelacakan dan pengaturan emisi sebuah bisnis. 

Untuk mencegah pencemaran lingkungan oleh bisnis dan pemanfaatan bisnis emisi, Vechain membangun jaringan ini agar bisnis bisa melacak pengeluaran emisi karbon yang dilakukan. 

Tujuannya adalah agar bisnis bisa meminimalisirnya dan kemudian bergerak dengan sudut pandang yang lebih ramah lingkungan. 

Selain itu, saat ini setiap bisnis umumnya memiliki kuota emisi karbonnya masing-masing yang ditetapkan pemerintah. 

Kuota tersebut dapat diperjualbelikan namun jika sudah dijual, maka kuota suatu bisnis akan berkurang. 

VeCarbon juga ingin membantu pengelolaan bisnis ini karena tidak sedikit bisnis yang memanfaatkan kuota ini sebagai bagian dari pendapatannya. 

Untuk saat ini jaringan tersebut masih dikembangkan dan memiliki kabar positif baru yaitu kerja sama dengan Amazon. 

Amazon Web Service (AWS) atau lini bisnis Amazon untuk tempat penyimpanan data dan pembangunan aplikasi adalah lini bisnis yang membantu penciptaan VeCarbon. 

AWS merupakan salah satu jasa yang paling terkenal di dunia terutama saat ingin membangun aplikasi. 

Ironisnya AWS adalah bentuk nyata saingan dari blockchain karena AWS bersifat tersentralisasi dan blockchain bersifat desentralisasi, namun keduanya memiliki fungsi yang sama. 

Perlu diketahui bahwa Amazon sendiri melakukan kerja sama ini juga karena mulai masuk ke ranah crypto. Sehingga walau bersaing, kerja sama dipastikan akan lancar. 

Untuk VET sendiri, sayangnya harganya belum terpengaruh secara signifikan, mengingat pada umumnya harga crypto yang bergerak di sektor riil akan bergerak lebih lambat dari sektor keuangan.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.