Berita Regulasi · 8 min read

Utang Pajak Rp1,4 Triliun, Michael Saylor Digugat!

Michael Saylor Digugat

Jaksa Agung DC Karl Racie menyatakan dalam cuitan Twitternya pada Rabu, 31 Agustus 2022, bahwa District of Columbia menggugat Michael Saylor dan MicroStrategy atas dugaan tidak pernah membayar pajak penghasilan di distrik tersebut selama lebih dari 10 tahun.

Apakah MicroStrategy Ikut Terlibat?

“Konspirasi menunjukkan bahwa perusahaan membantu Michael Saylor dalam menghindari pajak dan berutang secara legal atas ratusan juta dolar yang dia peroleh saat tinggal di DC,” keterangan Twitter Karl Racine.

Namun dalam sebuah pernyataan, MicroStrategy menyebut kasus District of Columbia sebagai masalah pajak pribadi yang tidak melibatkan perusahaan.

“Perusahaan tidak bertanggung jawab atas urusan sehari-harinya dan tidak mengawasi tanggung jawab pajak individunya. Perusahaan juga tidak bersekongkol dengan Saylor dalam melaksanakan tanggung jawab pajak pribadinya. Klaim District of Columbia terhadap Perusahaan tidak benar,” kata MicroStrategy.

Selain itu, Karl Racine menambahkan tindakan tersebut adalah gugatan pertama yang diajukan di bawah Undang-Undang Klaim Palsu yang baru-baru ini diubah untuk mendorong pelapor agar melaporkan penduduk yang menghindari undang-undang pajak dengan menggambarkan tempat tinggal mereka.

Melansir data dari CoinDesk, berdasarkan salinan yang dibagikan, Saylor tinggal di penthouse di Washington dengan menyamar sebagai penduduk Florida atau Virgiana.

Ia juga membeli properti serta mendaftar untuk memilih di negara bagian itu. Namun, ia masih tinggal di distrik itu setidaknya selama 183 hari per tahun.

Kantor jaksa agung distrik juga menuduh bahwa Saylor meminta MicroStrategy melaporkan tempat tinggalnya sebagai berada di Florida dalam formulir yang diajukan ke US Internal Revenue Service.

Saham Turun Akibat Informasi Saylor

Saham MicroStrategy turun 8,67% di angka $231,56 ditutup pada Rabu (31/09/2022) pukul 19:33 EDT, setelah berita tentang gugatan tersebut.

Michael Saylor yang dikenal di ruang crypto, khususnya Bitcoin (BTC). Dia juga sering memberikan argumentasinya di konferensi crypto untuk memuji keunggulan cryptocurrency serta mengajak peserta untuk ikut serta gabung ke dunia crypto.

Semakin yakin dengan crypto, Saylor sebagai pemimpin perusahaan MicroStrategy memiliki simpanan Bitcoin memegang 129.699 BTC yang saat ini bernilai sekitar $2,6 miliar, pada 30 juni.

Baca juga: MicroStrategy Beli Bitcoin Gila-Gilaan! Rencana Tambah Dana Rp14,26 Triliun

Namun sangat disayangkan, Saylor mengundurkan diri sebagai CEO tetapi tetap menjadi Ketua Eksekutif Perusahaan dan memfokuskan diri untuk mengatur strategi investasi Bitcoin dengan lebih baik.  

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.