Berita Blockchain · 8 min read

Upgrade Dencun Ethereum akan Terjadi Bulan Maret 2024

upgrade dencun ehereum

Pembaruan besar-besaran di ekosistem Ethereum, yang dikenal sebagai upgrade “Dencun,” dijadwalkan akan terjadi pada 13 Maret, sekitar pukul 20.55 WIB, menurut Tim Beiko dari Ethereum Foundation.

Peningkatan Dencun ini sangat dinantikan oleh komunitas Ethereum, karena akan menggabungkan fitur proto-danksharding melalui EIP-4844.

EIP-4844 memungkinkan peningkatan signifikan dalam cara data disimpan di blockchain Ethereum, dengan pengenalan “blobs” ke mainnet. Ini merupakan langkah penting dalam perjalanan Ethereum menuju peningkatan skalabilitas dan efisiensi.

Peningkatan ini mengikuti serangkaian pengujian penerapan Dencun, termasuk pada testnet Goerli pada tanggal 17 Januari, testnet Sepolia pada tanggal 30 Januari, dan testnet Holesky pada tanggal 7 Februari.

Baca juga: Upgrade Dencun Ethereum Sukses Tayang di Sepolia

Apa Itu Upgrade Dencun?

Upgrade Dencun merupakan bagian dari serangkaian pembaruan yang direncanakan untuk jaringan Ethereum, yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan keberlajutan jaringan. Salah satu fitur utama dari upgrade ini adalah pengenalan “blobs” yang merupakan potongan data besar yang dapat disimpan di blockchain dengan cara yang lebih efisien.

Manfaat Blobs untuk Ethereum

Pengenalan blobs ke dalam jaringan Ethereum diharapkan akan membawa sejumlah manfaat signifikan, termasuk peningkatan kapasitas penyimpanan data dan pengurangan biaya transaksi. Dengan memungkinkan penyimpanan data yang lebih besar dan lebih efisien, blobs akan membantu mengurangi beban pada jaringan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kecepatan transaksi dan mengurangi biaya gas.

Dampak Terhadap Developer

Upgrade Dencun dan pengenalan blobs ke dalam Ethereum mainnet diharapkan akan memiliki dampak positif bagi developer.

Mereka diharapkan akan mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dalam membangun aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data besar, sementara pengguna akan mendapat manfaat dari transaksi yang lebih cepat dan biaya gas yang lebih rendah.

Ini merupakan langkah penting dalam menjadikan Ethereum lebih skalabel dan efisien, sejalan dengan visi jangka panjang untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps) pada skala yang lebih besar.

Baca juga: Standard Chartered Optimis Harga ETH ke US$4.000, Imbas ETF Ethereum Spot 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.