Berita Blockchain · 8 min read

Universitas Terbuka Ini Rilis Sertifikasi Imunitas Covid-19 dengan Blockchain

Universitas Terbuka Inggris (OU) mengumumkan telah merilis prototype perangkat lunak untuk aplikasi seluler, yang bertujuan untuk mengesahkan hasil tes kekebalan Covid-19 dengan blockchain. Untuk membantu dalam pengujian dan hasil pengujian, serta sertifikasi vaksinasi.

Hal ini bisa berguna bagi petugas medis dan pekerja lainnya untuk membuktikan bahwa mereka terbebas dari infeksi Covid-19 setelah dilakukan pengujian dan hasil pengujian imunitas dan mereka telah diberikan dan memiliki antibodi.

Mereka nantinya akan diperbolehkan untuk bekerja kembali dengan sebuah sertifikasi digital yang menyatakan  telah lulus tes pengujian Covid-19. Tes ini bisa dilakukan oleh dokter dan apoteker.

Teknologi ini memiliki aspek menarik dikarenakan memiliki solusi yang disebut Solid Pod, Pod adalah data informasi pribadi online yang menggabungkan identitas dan data lainnya seperti foto.

Sehingga, para pengguna aplikasi seluler ini memiliki data pribadi yang terdesentralisasi dan terpisah dengan aplikasi. Hal ini bertujuan agar pihak pengembang atau perusahaan aplikasi tidak bisa mengakses data pribadi pengguna.

Baca juga: Omicron, Si Token COVID-19 yang Naik 700%

Bagi keperluan Universitas Terbuka UK saat ini, Pod akan digunakan untuk menyimpan sertifikasi digital dari tes kekebalan Covid-19 dengan menggunakan standar W3C Verificable Credentials, yang memungkinkan semua informasi yang sama antara verifikasi digital dan verifikasi fisik dengan penambahan teknologi, seperti tanda tangan digital yang dapat diverifikasi lebih jelas dan dapat lebih dipercaya dibanding fisiknya.

Jadi, ketika sertifikasi kekebalan Covid-19 dibuat dan ditambahkan ke Pod, hash pengguna akan disimpan secara aman di konsorsium blockchain.

Bila seseorang memeriksa informasi terkait sertifikasi kekebalan tersebut, aplikasi akan mencocokkan hash terlebih dahulu orang tersebut apakah cocok atau tidak dengan sertifikat digital yang dikeluarkan sebelumnya.

“Seperti banyaknya peneliti, tim blockchain kami juga sangat termotivasi untuk memberikan bantuan untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 secara global ini. Di mana, blockchain dapat digunakan untuk membantu menyimpan sertifikat kekebalan secara digital, dan aplikasi ini siap untuk digunakan secara umum untuk menyimpan hasil tes pengujian kekebalan Covid-19, bila vaksin Covid-19 benar-benar telah ditemukan” ungkap Profesor John Domingue, Direktur Knowledge Media Institute.

Selain itu, sudah banyak perusahaan-perusahaan teknologi dan kesehatan telah berpartisipasi dalam sebuah proyek Covid Credentials Initiative (CCI), yang juga mengembangkan sertifikat kekebalan Covid-19, yang terdiri dari Microsoft, ID2020, Evernym, uPort, dan ConsenSys Health.

Baca juga: Omicron, Si Token COVID-19 yang Naik 700%

Platform  IoT blockchain Nodle.io, yang dikembangkan oleh Apple dan Google juga telah diluncurkan sebagai aplikasi yang bisa melakukan pelacakan kontak yang menggunakan Bluetooth untuk merekam pertemuan dengan ponsel terdekat dan pemiliknya. Hal ini untuk mempermudah pelacakan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pasien yang terinfeksi Covid-19.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.