Mengenal UniLayer Platform Trading Desentralisasi di Uniswap

Felita Setiawan

23rd February, 2021

UniLayer adalah platform perdagangan terdesentralisasi generasi berikutnya yang dibangun di atas Uniswap.

Ia memungkinkan fitur utama untuk perdagangan tingkat profesional dengan token utilitas LAYER.

Proyek ini berfokus pada swap otomatis dan manajemen likuiditas, flash staking, grafik dan analitik, buku pesanan langsung, dan banyak lagi.

Di atas fitur-fitur ini, token LAYER digunakan untuk memfasilitasi transaksi di UniLayer di mana semua biaya transaksi ditransfer ke kumpulan token.

92% dari biaya akan didistribusikan ke pemegang saham platform selain penyedia likuiditas ke kumpulan likuiditas ETH / LAYER, dengan 8% sisanya akan disumbangkan ke yayasan sebagai cadangan.

UniLayer Dibangun di Atas Uniswap

UniLayer memperkenalkan alat otomasi perdagangan yang sangat dibutuhkan dan ekonomi token baru di atas blok bangunan fundamental Uniswap dan infrastruktur on-chainnya.

Baca juga: Panduan Dasar Apa Itu UNISWAP untuk Pemula!

Yayasan Uniswap telah memungkinkan alat ini untuk dibangun langsung ke dalam UniLayer, yang berjalan bersama rangkaian fitur lanjutan Unilayer.

UniLayer memanfaatkan apa yang telah dimungkinkan oleh protokol Uniswap Ethereum dengan pertukaran token on-chain dan kumpulan likuiditas terdesentralisasi.

Secara konkret, UniLayer menyediakan seperangkat alat komprehensif yang dirancang untuk pedagang yang bekerja di ekosistem DeFi untuk memfasilitasi berbagai alat perdagangan  yang ada.

Aplikasi web Unilayer menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan yang terhubung ke Uniswap. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk memperdagangkan dan memindahkan aset dengan aman dan andal.

Pembangunan UniLayer di Uniswap ini juga didukung dengan berbagai alasan sebab Uniswap telah menyederhanakan proses situs web dan aplikasi seluler untuk terhubung dan berinteraksi dengan protokol dengan JavaScript SDK yang menyediakan API untuk fungsi utama perdagangan dan pengelolaan likuiditas.

Agent Wallet, Switcheo Exchange dan Streamr Marketplace hanyalah 3 dari banyak aplikasi yang telah mengintegrasikan Uniswap langsung ke dalam produk mereka.

SDK dikelola secara teratur dengan kode sumbernya sepenuhnya transparan dan dapat diakses melalui GitHub.

Dapps juga dapat berkomunikasi dengan Uniswap secara langsung dari kontrak pintar mereka yang sesuai secara on-chain.

Pendekatan 2 cabang ini mencakup akses ke Uniswap dari aplikasi terpusat dan desentralisasi.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

SDK JavaScript dari Uniswap memungkinkan situs web tradisional dan aplikasi seluler untuk berinteraksi dengan protokol, sedangkan kontrak pintar berkomunikasi dengan kontrak pendukung Uniswap secara langsung untuk berinteraksi dengan protokol.

Karena aksesibilitas ini, Uniswap mendapatkan adopsi yang cepat tanpa ada tanda-tanda melambat. Semakin likuid pasar Uniswap, semakin mampu UniLayer sebagai solusi perdagangan yang tepat.

Fitur UniLayer

Perdagangan Otomatis Dilakukan dengan Benar

Perdagangan otomatis mahal untuk dilakukan secara on-chain karena biaya gas, jadi semua perdagangan harus dikelola dalam dasbor cerdas yang dirancang khusus untuk melakukan perdagangan semacam itu.

UniLayer memantau keadaan on-chain untuk likuiditas, nilai token, dan nilai tukar, dan memulai umpan waktu nyata ke dasbor tempat perdagangan otomatis dapat dilakukan. Ada sejumlah fitur canggih yang menjadi mungkin dengan perdagangan otomatis. Beberapa diantaranya adalah:

Menjalankan Pesanan Beli dan Jual dengan Harga Token Tertentu

Dengan dasbor UniLayer, pengguna sekarang dapat menargetkan pergerakan harga tertentu untuk memulai perdagangan dan yakin bahwa mereka akan dieksekusi secara otomatis.

Menjadwalkan Pembelian dan Penjualan

UniLayer menghadirkan fungsionalitas ini ke blockchain dengan mengeksekusi perdagangan pada waktu tertentu langsung ke Uniswap.

Saat UniLayer berjalan di browser, UniLayer dapat menggunakan Tanggal JavaScript dan mengetahui zona waktu tertentu.

Pembelian dan penjualan dijadwalkan dan dipertahankan di browser, dan dijalankan ketika waktu yang dijadwalkan terpenuhi.

Manajemen Pinjaman Otomatis

UniLayer juga menyediakan UI yang sederhana yang dibangun di atas alat likuiditas Uniswap dalam bentuk likuiditas pinjaman, memungkinkan otomatisasi dalam menambahkan dan menghapus likuiditas ke dalam kumpulan setelah metrik utama terpenuhi.

Contohnya, jika kamu memperdagangkan aset yang mudah menguap dan  ingin membatasi eksposur dengan menghapus likuiditas  pada titik harga tertentu, UniLayer dapat secara otomatis melakukan transaksi untuk menarik token keluar dari pool.

UniLayer mendukung breakpoint berbasis waktu dan berbasis nilai yang akan memicu penghapusan ini. Proyek ini akan membuat hadiah lending transparan dari dasbor.

Komisi likuiditas dikelola oleh Uniswap, dengan tingkat komisi bersama saat ini per perdagangan menjadi 0,3%.

Bagian kamu  dari 0,3% itu dihitung berdasarkan bagian kumpulan token yang dimiliki. Misalnya, jika kamu memiliki 10 token dari total 1000 di kumpulan tertentu. Maka kamu akan menerima 1% dari tingkat 0,3% itu pada setiap perdagangan yang dilakukan.

Di Uniswap V2, “biaya protokol” sebesar 0,05% diperkenalkan, tetapi saat ini dinonaktifkan.

Mekanisme tata kelola tersedia untuk mengelola keputusan tentang pengaktifan fitur.

Jika mekanisme penagihan ini diaktifkan, maka tingkat komisi akan diturunkan menjadi 0,25%, dan karenanya menurunkan jumlah yang dapat kamu peroleh.

Jika biaya protokol diaktifkan, itu akan tercermin dalam UI UniLayer sehingga pengguna mengetahui rasio imbalan mereka.

Pada dasarnya, semakin besar bagian kumpulan yang kamu kumpulkan, semakin banyak komisi yang akan diterima per perdagangan.

Manajemen pinjaman otomatis yang ditawarkan UniLayer akan mempercepat akumulasi nilai token ini dengan menambahkan dan menghapus token secara cerdas berdasarkan harga pasar dan faktor lain seiring dengan berkembangnya platform.

Grafik dan Analisis Live

UniLayer akan memiliki grafik harga yang terintegrasi langsung ke dalam Dashboard yang mirip dengan apa yang diharapkan trader dari solusi profesional.

Data pesanan beli dan jual, volume likuiditas, rasio tambah dan hapus pesanan untuk setiap pasangan likuiditas, dan banyak lagi akan dimasukkan langsung ke dalam grafik dan analitik, dirancang dengan mempertimbangkan kecepatan dan keandalan.

Buku Pesanan Langsung

UniLayer akan memiliki buku pesanan langsung yang memungkinkan untuk melihat aktivitas perdagangan token secara real time.

Buku pesanan UniLayer memungkinkan pengguna untuk melihat semua pembelian dan penjualan yang terjadi dengan setiap pasangan token yang didukung di platform.

Fitur Unilayer ini akan terus berkembang seiring pengembangan platform dengan fokus pada menghadirkan alat yang berstandar profesional ke ekosistem yang terdesentralisasi.

Flash Staking dengan Token Layer

Flash staking adalah model penghargaan baru yang dirancang untuk mempromosikan aktivitas perdagangan token, meningkatkan nilai token dari waktu ke waktu, dan untuk memberi penghargaan kepada pemegang saham dalam prosesnya.

Baca juga: Apa Itu Staking? Panduan Lengkap untuk Pemula

Staker diberi hadiah jumlah hadiah penuh langsung setelah staking sangat kontras dengan model staking konvensional yang memberi penghargaan kepada pengguna dari waktu ke waktu untuk mengamankan jaringan blockchain.

Dengan UniLayer Flash Staking, kamu mendapatkan hadiah secara instan dan tidak berisiko terkena penalti, tidak seperti model staking konvensional yang didasarkan pada validasi jaringan yang menerapkan penalti ketat segera setelah pengguna  offline.

Model Staking Unilayer

Berikut adalah model umum dari staking Unilayer diwakili dengan diagram alur berikut:

Seorang pengguna dapat memilih berapa banyak LAYER yang akan dipertaruhkan terhadap token ERC20 tertentu, serta memilih periode waktu untuk LAYER dikunci. Kedua faktor ini menentukan jumlah hadiah instan.

Model ini dirancang untuk memberi penghargaan kepada semua pihak yang memegang LAYER dan token ERC20 sedang dipertaruhkan.

“ Flash staking adalah mekanisme yang sangat efektif untuk mempromosikan token ERC20 dan token LAYER secara bersamaan. Model ini menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang tokenomik dengan memberi insentif dan memberi penghargaan kepada pembeli dan penjual secara bersamaan,” jelas keterangan dari UniLayer.

Informasi detail mengenai staking Layer dapat diperoleh di sini.

UniLayer Dalam Pengembangan Aktif

UniLayer saat ini sedang dalam pengembangan aktif dengan tim yang sedang bekerja untuk mengimplementasikan fitur yang dibahas dalam bagian ini.

“ Setelah rilis awal, UniLayer akan memberikan kesempatan kepada para pedagang untuk bekerja langsung dengan Uniswap secara otomatis dengan fitur perdagangan profesional yang penting untuk melaksanakan strategi perdagangan kompetitif,” jelas rilis dari Unilayer.

Saat ini Unilayer juga sedang bersiap untuk merilis versi kedua yang lebih baik, saat ini Unilayer akan segera hadir di Binance Smart Chain.  Ia pun didukung PancakeSwap dan memiliki gas fee yang diklaim murah.

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.