Berita Blockchain · 8 min read

Uni Eropa Akan Putuskan Pengembangan Euro Digital Tahun 2021

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde, menegaskan pihak bank harus mencapai kesepakatan terkait dengan perilisan merilis Euro digital awal tahun depan.

Dalam panel kebijakan online yang diadakan pada 12 November 2020 ini, Lagarde menyatakan Bank Sentral Eropa sedang tidak dalam urgensi untuk belomba menjadi nomor satu terkait dengan mata uang digital bank sentral (CBDC). Ia hanya memastikan bahwa hasil diskusi terkait dengan topik hangat ini akan siap pada Januari 2021 nanti.

“Pada titik ini kami akan membuat keputusan terkait apakah kami akan melanjutkan euro digital atau tidak,” ujar Christine Lagarde.

Ia juga menambahkan keputusan akan diambil secara kolektif dan lebih condong untuk tetap melanjutkan proyek euro digital. 

Baca juga: Presiden Bank Sentral Eropa: Pandemi Percepat Adopsi Mata Uang Digital

Presiden ECB ini juga menambahkan pihak bank masih harus meneliti hal-hal dasar terkait dengan mata uang digital bank sentral. Secara khusus, ECB juga akan mempertimbangkan akan adanya sistem anti pencucian uan, melawan pendanaan tindakan terorisme, dan juga masalah terkait privasi pengguna.

Jika melihat perbandingan waktu dengan token Libra Facebook dan Yuan Digital di China, Lagarde memperkirakan waktu yang cukup lama dalam pengembangan mata uang digital Euro hingga akhirnya bisa dirilis ke publik,

“Proyek ini mungkin akan memakan waktu dua, tiga, empat tahun sebelum resmi diluncurkan.”

Berbicara di panel berbeda, ketua Federal Reserve, Jerome Powell dan Gubernur Bank of England, Andrew Bailey, menegaskan untuk melakukannya dengan perlahan dan menyatakan “sangat penting bagi kami untuk melakukannya dengan benar daripada mencoba untuk menjadi yang pertama.” 

Lagarde telah berulang kali menyatakan dukungannya terhadap euro digital sejak menjabat sebagai kepala Dana Moneter Internasional, meskipun ECB belum membuat keputusan resmi terkait CBDC. Bank sentral baru-baru ini membuka konsultasi publik untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna tentang harapan dari euro digital ini.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.