Berita Industri · 7 min read

Twitter Jadi Sarang FUD Kripto Paling Ramai

FUD kripto Twitter

Perusahaan analitik Blockchain Santiment telah mengukur salah satu tingkat ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD).

Indikator tren sosial perbandingan kata bullish vs bearish Santiment menunjukkan lonjakan besar selama akhir pekan, dengan sentimen negatif tentang kripto paling banyak disebarkan di Twitter.

“Beberapa sentimen kripto negatif tingkat tinggi yang aneh telah muncul akhir pekan ini, terutama di sini di Twitter,” tulis Santiment di akun Twitternya.

Sentimen kripto di platform media sosial. Sumber: Santiment.

#Cryptocrash menjadi salah satu tagar yang digunakan untuk menyebarkan FUD soal kripto di Twitter. Di posisi kedua dan ketiga di tempati oleh Reddit dan Telegram.

Ketiga platform tersebut dikenal sebagi tempat banyak komunitas dan investor kripto membagikan informasi soal industri kripto.

Sentimen negatif di pasar kripto ini umumnya memicu pergerakan bearish, sebab investor berbondong-bondong menjual asetnya.

Sentimen ini juga dapat dimanfaatkan dalam mendapatkan keuntungan bagi investor yang mampu memanfaatkan momentum tersebut. Kendati demikian, tingkat FUD yang tinggi belum tentu diiringi dengan perdagangan SHORT di futures yang meningkat.

FUD di Kripto

FUD merupakan istilah yang digunakan ketika banyak rumor atau isu di industri kripto yang efeknya bisa membuat investor gelisah dan membuat perubahan harga. 

Beberapa FUD yang melanda industri kripto di akhir pekan lalu terkait dengan masalah Bank Silvergate dan kabar miring Tether yang diberitakan oleh Wall Street Journal (WSJ).

Dalam pemberitaannya, WSJ menyebutkan Tether memalsukan dokumen perbankan. Informasi ini langsung ditepis oleh Tether lewat keterangan resmi di blog mereka. 

Tether menyebutkan informasi WSJ adalah tuduhan basi dari masa lalu dan tidak akurat. Bitfinex dan Tether memiliki program kepatuhan kelas dunia dan mematuhi persyaratan hukum Anti-Pencucian Uang, Know Your Customer, dan Anti Pendanaan Teroris yang berlaku.

FUD memang tidak bisa dilepaskan dari industri kripto, utamanya ketika pasar tengah alami periode bearish atau sideways.

Sejumlah tokoh industri biasanya akan langsung memberikan klarifikasi apabila rumor yang disebarkan menyesatkan. Informasi bisa diberikan lewat media sosial tempat rumor berasal atau keterangan resmi seperti yang dilakukan Tether. 

Agar investor tidak mudah termakan FUD, sebaiknya lakukan riset informasi dari berbagai sisi sebelum menarik kesimpulan untuk membuat keputusan. 

Baca juga: Redam FUD, Justin Sun Transfer Stablecoin Senilai $100 Juta ke Huobi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.