Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Exchange · 6 min read

Redam FUD, Justin Sun Transfer Stablecoin Senilai $100 Juta ke Huobi

Justin Sun Houbi

Platform pertukaran kripto Huobi yang terkait dengan Justin Sun tengah dilanda beberapa masalah akhir-akhir ini. Beredarnya berita tarkait pemangkasan karyawan, listing token spekulatif di pertukaran tersebut memicu investor melakukan pencairan dana secara besar-besaran.

Baca juga: Diterpa FUD, Ada Apa dengan Exchange Huobi?

Menurut data blockchain dari Nansen, pengguna Huobi telah menarik dana dalam jumlah besar. Merujuk pada kondisi pasar 6 Januari 2023, Nansen menyebutkan bahwa $60,9 juta telah ditarik dari Houbi dalam periode 24 jam dengan total arus keluar bersih $94.2 juta pada Jumat.

Justin Sun Transfer Stablecoin ke Huobi

Untuk mengatasi masalah Huobi, Justin Sun dilaporkan telah memindahkan aset pribadi $100 juta dalam stablecoin ke bursa kripto miliknya, Huobi. Deposit terdiri dari USD Coin (USDC) dan Tether (USDT).

Sun mengkonfirmasi kepada Bloomberg bahwa tindakan tersebut dilakukan dengan maksud untuk menunjukkan kepercayaan terhadap pertukaran Huobi.

Jurnalis Nansen, Martin Lee mengatakan di Twitter bahwa transfer tersebut dilakukan “mungkin untuk membantu peningkatan penarikan atau mempertahankan tingkat kepercayaan di bursa.”

Permintaan Pencairan Dana Investor Berkurang

Pada pertengahan hari Minggu, 8 Januari 2023, Nansen melaporkan laju penarikan melambat setelah transfer $100 juta oleh Justin Sun. Jumlah permintaan penarikan hanya di bawah $12 juta dalam beberapa hari terakhir. Penarikan mingguan turun tipis menjadi $84 juta dari yang se $94,2 juta pada hari Jumat.

Meski begitu, harga USDD Tron, yang seharusnya memiliki rasio 1:1 dengan dollar AS telah turun secara signifikan, antara $0,983 dan $0,972 dalam seminggu terakhir. Harganya berkisar di angka $ 0,977.

Selama 14 hari terakhir, kapitalisasi pasar USDD telah turun sebesar $6,5 juta menjadi $709 juta, saat berita ini dibuat. Sebagai perbandingan, Tether dan USD Coin memiliki kapitalisasi pasar masing-masing sebesar $66,3 miliar dan $43,9 miliar.

Contoh terbaru USDD kehilangan peg $1 muncul pada bulan Oktober, dan stablecoin belum dihargai $1 selama lebih dari sebulan, menurut data dari CoinGecko. Sebelumnya, USDD tergelincir di bawah $1 pada 12 Juni tahun lalu, sebulan setelah runtuhnya blockchain Terra dan tidak membuat pemulihan harga secara penuh hingga 26 Juli.

Respons Justin Sun Terhadap Rumor Buruk Soal Huobi

Sementara itu, dilaporkan oleh jurnalis crypto independen Colin Wu bahwa gaji staf Huobi Sun dibayar dalam stablecoin, hal ini menuai protes dari karyawan. Sun dan timnya berulang kali mengatakan bahwa banyak pihak yang menyebarkan fear, uncertainty, and doubt (FUD) di sekitar bursa.

“Pertama, penting untuk menyadari bahwa dunia kripto kadang-kadang bisa berubah-ubah dan tidak pasti. Akan selalu ada pasang surut, dan mudah terjebak dalam ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD) yang menyertainya,” kata Sun melalui akun Twitter, Jumat 6 Januari 2023.

Reaksi “FUD” di kalangan investor Huobi ini datang saat kepercayaan pada pertukaran aset digital goyah. Berkaca pada kasus FTX, salah satu bursa kripto paling populer yang mengalami keruntuhan dan menyebabkan efek domino di beberapa sektor kripto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.