Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Transfer Bitcoin Miliaran Dolar, Biaya Transaksi Kurang dari Rp70 Ribu!

Wafa Hasnaghina     Saturday, August 8 2020

Menurut informasi dari Whale Alert, sebuah akun Twitter crypto, terdapat transaksi dengan pengiriman 92.857 BTC atau setara dengan Rp16 Miliar dari satu wallet ke wallet lainnya dengan hanya memakan biaya pengiriman kurang dari Rp70 Ribu!

Meski demikian, berdasarkan informasi dari Bitcoin Block Bot, sebuah akun Twitter bergaya seperti Whale Alert, mengacu pada transaksi pengiriman 101.857 BTC pada 27 Juni lalu dengan biaya hanya pada kisaran Rp7.000, ini menandakan biaya dalam jaringan meningkat lebih dari 500% sepanjang bulan lalu hingga saat ini.

Baca juga: Biaya Transaksi Bitcoin melonjak Seiring Permintaan Dalam Jaringan Meningkat

Biaya Transaksi Bitcoin Terus Naik

Kami tidak tahu siapa yang mengirimkan dana tersebut, kami juga tidak tahu siapa penerimanya. Pengguna media sosial berspekulasi bahwa dompet kustodian BitGo yang mengelola cold storage Bitstamp yang mungkin memiliki koin tersebut. 

Sebelum peristiwa halving Mei lalu, biaya transaksi rata-rata mencapai $3,19 atau setara Rp46 Ribu. jika mengacu pada harga tersebut berarti ia telah meningkat sebesar 200% dari biaya rata-rata pada tanggal 26 April, menurut data dari Bitinfocharts. Terakhir kali biaya transaksi BTC rata-rata lebih dari Rp40 Ribu terjadi pada Juli 2019 silam.

Secara historis, biaya transaksi Bitcoin telah meningkat secara signifikan sebelum terjadinya peristiwa halving. Halving terakhir pada 9 Juli 2016 silam membuat biaya transaksi meroket pada minggu-minggu sebelum peristiwa itu terjadi, bahkan sempat memuncak pada menjadi $0,62 (Rp8.370) per transaksi ketika rata-rata 24 jam ada di sekitar $0,10 (Rp1.350).

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini