Transaksi Melalui Bitcoin di Portugal Bebas Pajak

By adam rizky     Monday, September 9 2019

Otoritas Pajak Portugal telah memberikan klarifikasinya terkait perdagangan crptocurrency dan pembayaran dalam crypto tidak akan dikenakan pajak di negara tersebut. Menurut laporan yang diterbitkan pada 26 Agustus oleh surat kabar bisnis asal Portugal, Jornal de Negócios, bahwa Otoritas Pajak dan Bea Cukai Portugal telah mengkonfirmasi bahwa transaksi ataupun pembayaran melalui crypto akan dibebaskan dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Otoritas Pajak Portugal dilaporkan telah memberikan klarifikasi kepada perusahaan tambang crypto lokal dengan menerbitkan dokumen resmi. Dalam dokumen tersebut, otoritas menyatakan bahwa pertukaran crypto dengan uang fiat akan dibebaskan dari PPN, selain itu mereka juga menambahkan bahwa penggunaan crypto tidak harus membayar pajak penghasilan.

Mengutip keputusan tahun 2015 terkait bebas pajak pada crypto

Pada pernyataan resmi yang sebelumnya diumumkan ke publik, Otoritas Pajak Portugal mengutip putusan Pengadilan Eropa pada tahun 2015. Kutipan tersebut membahas tentang kasus yang melibatkan portal utama Bitcoin Swedia, Bitcoin.se dan moderatornya David Hedqvist.

Seperti yang dilaporkan pada saat itu, pengadilan memerintahkan bahwa Bitcoin berfungsi sebagai alat pembayaran dan karenanya transaksi tersebut harus dibebaskan dari kewajiban PPN. Namun, Badan Pajak Swedia kemudian membantah putusan tersebut, dan mengklaim bahwa pengadilan tidak memahami secara mendalam terkait masalah ini.

Peraturan sebelumnya pada Cryptocurrency

Pernyataan yang diberikan mengikuti keputusan pajak sebelumnya oleh Otoritas Pajak Portugal bahwa cryptocurrency tidak dikenakan pajak di negara tersebut. Sebuah dokumen yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan pada tahun 2016 menyatakan bahwa pendapatan dari penjualan crypto di Portugal tidak dikenakan pajak penghasilan.

Sebelumnya pada 2013, Bank Sentral Portugal, Banco de Portugal mengeluarkan pernyataan yang mengutip sebuah makalah yang diterbitkan pada 2012 terkait crypto oleh Bank Sentral Eropa.

Baca juga: Republik San Marino Rilis Kebijakan Peraturan Token

Bank Portugis mengangkat kekhawatiran tentang pengakuan bitcoin oleh Bank Sentral Eropa sebagai sebuah fenomena inovasi dalam model mata uang virtual. Kemudian mereka juga mengklaim bahwa Bitcoin tidak dapat dianggap sebagai mata uang aman karena dikeluarkan oleh entitas yang tidak diatur. Berbeda dengan uang fiat dimana ada sebuah badan atau lembaga yang mengatur terkait uang tersebut sehingga dapat dikendalikan.

Sumber