Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Trading Bot vs Manusia, Ini Dia Penjelasannya!

Aulia Medina     Friday, January 4 2019

Ternyata trading bukan hanya dapat dilakukan secara mandiri oleh manusia, sebab kini sudah ada trading menggunakan bantuan bot yang membuat proses trading bisa otomatis. Ia disebut trading bot cryptocurrency.

Trading bot cryptocurrency artinya trading dapat dilakukan secara otomatis melakukan perdagangan atas nama mereka sendiri. Bot trading ini biasanya berupa fitur yang terpisah, sehingga perlu ditambahkan.

Bot perdagangan sering menggunakan algoritma untuk mendeteksi tren dan menentukan kapan perdagangan harus dilakukan.

Perangkat lunak semacam itu telah menjadi andalan di pasar valas, ekuitas dan komoditas selama beberapa tahun – dan tentunya pada saat sekrarang ini ada pula trading bot untuk cryptocurrencuy.

Beberapa bot ini gratis, sementara yang lain dikenakan biaya besar setiap bulan tergantung pada jumlah fitur yang diperlukan pengguna.

Apa yang membuat perangkat lunak istimewa adalah kegunaannya, tingkat analisis yang ditawarkannya kepada pedagang, dan jumlah pertukaran tempat perdagangan dapat dilakukan.

Bagaimana bot tahu apa yang harus dilakukan?

Bot off-the-shelf biasanya bekerja berdasarkan algoritma yang ditetapkan yang sering dikonfigurasi oleh pengembang.

Dengan demikian, keberhasilan mereka sering bergantung pada pemahaman pencipta tentang bagaimana dunia crypto bekerja.

Alat-alat ini sering membuat frustasi pedagang tingkat lanjut yang memiliki interpretasi sendiri terhadap pasar, karena beberapa software memiliki cakupan terbatas untuk personalisasi.

Ketika mereka datang untuk menjual koin, hal itu dapat dipicu ketika target laba terpenuhi, atau “stop loss” di mana cryptocurrency dijual secara otomatis jika jatuh di luar nilai yang ditetapkan, atau dengan jumlah poin persentase yang ditentukan sebelumnya.

Mereka juga menggunakan fitur lain seperti “trailing stop-loss,” yang melacak harga suatu posisi ke atas.

Jika setelah tingkat keuntungan tertentu, koin mulai menurun, bot akan secara otomatis menjualnya dalam laba.

Pada akhirnya, manfaat bot adalah bahwa keduanya dapat mencari peluang baru menggunakan indikator profesional, dan, pada saat yang sama, menjaga pandangan yang ketat dan rasional pada semua investasi saat ini.

Keserakahan sering menghentikan pedagang dari menjual tepat waktu, ini dapat dicegah dengan bot.

Bisakah bot dipercaya?

Alat yang tepat sangat diperlukan bagi pedagang yang cerdas, tetapi input manusia masih penting untuk memaksimalkan keuntungan dan mencegah kerugian.

Sangat penting untuk menemukan bot perdagangan terkemuka yang bebas dari kesalahan pengkodean dan menjaga waktu henti menjadi minimum.

Bot juga harus diintegrasikan dengan fitur yang melindungi pengguna dari kerusakan.

Ada beberapa kasus di mana bot perdagangan yang tampaknya kredibel ternyata merupakan penipuan, dengan para investor kemudian tidak dapat menarik uang dari akun mereka.

Pada akhirnya, jika ingin menggunakan bot harus ingat bahwa bot perdagangan tidak cocok jika mencari penghasilan pasif. Mendapatkan hasil yang tepat dari perangkat lunak semacam itu membutuhkan waktu dan upaya – dan seringkali melibatkan pengujian strategi pada data historis untuk melihat bagaimana perdagangan tertentu akan berhasil.

Jika ingin menggunakan bot untuk trading usahakan selalu menggunakan modal dalam jumlah kecil untuk memulai sampai terbiasa dengan sistem baru. Sisi baiknya, ada jauh lebih sedikit risiko ketika pengguna menggunakan bot.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Insentif Crypto, Dijelaskan

Trading Bot akan lebih baik daripada manusia suatu hari?

Kecerdasan buatan dan mesin membantu perdagangan bot terus berkembang dan berkembang, tetapi masih ada jalan panjang untuk mengalahkan naluri manusia.

Sepertinya bot tidak akan pernah bisa mendeteksi ancaman bencana terhadap dunia crypto, atau mengukur signifikansi teknologi yang muncul. Yang mengatakan, beberapa bot di custom sedikit dengan kemampuan menjelajahi media sosial untuk melihat berita menggunakan keyword yang dipilih.

Meskipun ini dapat membantu menandai perkembangan penting bagi seorang investor, itu akan berbahaya bagi bot untuk bertindak sendiri jika seandainya posting tersebut ternyata merupakan “berita palsu/hoax”.

Karena itu meskipun ingin menggunakan bot trading, memiliki kemampuan trading yang andal tetap dibutuhkan. 

Baca juga: Cara Trading Crypto Dengan Aman

Cara mengatur Trading Bot crypto

Tugas utama adalah menghubungkan bot dengan pertukaran crypto yang paling sering digunakan.

Untuk melakukan ini melalui Cryptohopper, pengguna biasanya perlu membuat kunci API pada pertukaran yang dipilih – seperti Binance atau Huobi. Ini kemudian dapat ditempelkan ke situs web bot, menempa koneksi antara keduanya.

Diskon 20% Biaya Trading di Binance 💰

Pengguna kemudian dapat menerapkan indikator TA yang berbeda, yang memberi tahu hopper kapan harus membeli atau menjual koin pilihan pengguna bot  dan pengguna dapat mengawasi bagaimana kinerja posis melalui halaman statistik.

Berdasarkan data sebelumnya, kamu dapat menguji strategi lain untuk melihat bagaimana kinerjanya – dan kemudian memutuskan apakah ingin menindaklanjutinya.

Jika ingin mendasarkan strategi ini pada apa yang direkomendasikan oleh analis teknis pihak ketiga – dikenal sebagai Signalers pada platform – kamu dapat menelusurinya berdasarkan pada pertukaran yang mereka operasikan dan berlangganan (kadang-kadang dengan biaya.)

Apa yang harus saya lakukan untuk memaksimalkan bot crypto saya?

Seperti yang telah kami sebutkan, melakukan pekerjaan rumah dan strategi backtesting  bisa menjadi indikasi yang membantu apakah perdagangan tertentu akan berhasil atau gagal.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa kinerja masa lalu tidak selalu merupakan refleksi akurat tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Terakhir, ingatlah bahwa penting untuk memeriksa laporan kinerja analis sebelum  mengambil risiko dan mengikuti rekomendasinya.

Pakar yang bereputasi baik akan selalu memberikan detail menyeluruh dari hasil mereka di masa lalu, serta bagaimana kinerja mereka saat ini.

Beberapa juga memiliki situs web sendiri yang menjelaskan metodologi dan detail mereka tentang teknologi yang menopang penilaian perdagangan mereka.

Baca juga: Apa Itu Copy Trading ? Panduan Lengkap untuk Pemula