Trader Prediksi Ethereum Koreksi Menuju Kedaluwarsa Kontrak Options

Rossetti Syarief

19th November, 2021

$550 juta kontrak options Ethereum (ETH) akan berakhir hari ini, pada 19 November 2021. Menurut data derivatif, grafik koreksi yang tajam pada harga aset crypto terbesar kedua akan terjadi setelah itu.

Trader terlihat khawatir dengan penurunan 15% yang mungkin terjadi. Sebab, penurunan ini bisa mengakibatkan penurunan yang lebih besar apalagi didukung dengan $550 juta options yang akan kedaluwarsa. Dengan pola ini, ETH bisa masuk ke fase bear.

grafik harga Ethereum

Namun, masih ada nilai total Ethereum senilai $86 miliar yang terkunci dalam smart contract, mewakili 70% pasar dan metrik di atas.

Terkendala Regulatory Tidak Pasti

Sementara itu, Regulatory yang tidak pasti, terutama di Amerika Serikat, telah melampaui bull-run pasar cryptocurrency. 

Ambil saja contoh pada 18 Oktober, kantor Kejaksaan Agung New York memberikan perintah untuk berhenti menggunakan crypto lending platform yang beroperasi di negara tersebut.

Namun pada 1 November, Presidential Working Group dalam market keuangan merilis laporan yang berfokus pada risiko stablecoin bagi pengguna dan stabilitas keuangan. 

Laporan tersebut mendesak Kongres untuk mengeluarkan federal precautionary framework, yang nantinya akan melibatkan yurisdiksi SEC dan CFTC.

Pada 16 November, anggota parlemen Amerika Serikat akhirnya memberikan perlawanan pada perubahan aturan pelaporan pajak untuk transaksi cryptocurrency di atas $10.000, dalam tagihan infrastruktur yang baru disahkan.

Sekelompok anggota Kongres kemudian menyerukan revisi dengan penambang, validator, dan pengembang yang dikecualikan dengan alasan keperluan pajak di bawah Bipartisan Infrastructure Framework.

Ethereum options aggregate open interest for today. Source: Bybt

Melupakan konflik tersebut, apapun alasan di balik melemahnya harga Ethereum baru-baru ini, optimisme keberhasilan bulls pada kadaluwarsanya kontrak options Ethereum hari ini, apakah mungkin akan memberikan amunisi lebih lanjut kepada bear untuk menekan market?

Dan pembaca akan menemukan jawabannya di akhir artikel. Jangan lewatkan penjelasannya, ya!

Pada ilustrasi pertama, opsi call (beli) senilai $275 juta hampir sama dengan nilai $280 juta dalam instrumen put (jual) Ethereum.

Namun, rasio call-to-put 0,98 terlihat ‘menipu’ karena beberapa dari harga tersebut sekarang tampak dibuat-buat.

Bear Sepenuhnya Mendominasi

Di bawah ini adalah empat skenario yang paling mungkin untuk mengakhiri 19 November. 

Ketidakseimbangan yang menguntungkan kedua belah pihak mewakili keuntungan theoretical.

Dengan kata lain, hal ini tergantung pada jumlah harga yang kadaluwarsa, sementara jumlah call (beli) dan put (jual) menjadi aktif dan bervariasi sebagai berikut:

  1. Antara $4.000 dan $4.100: 80 calls vs. 35,100 puts. Net result supports menguntungkan put (bear) sebesar $140 juta.
  2. Antara $4.100 dan $4.200: 340 calls vs. 30,000 puts. Net result supports menguntungkan put (bear) sebesar $120 juta.
  3. Antara $4.200 dan $4.400: 4.840 calls vs. 16.900 puts. Net result supports menguntungkan put (bear) $60 juta.
  4. Antara $4.400: 7.640 calls vs. 8.700 puts. Net result supports sama.

Perkiraan kasar ini mempertimbangkan opsi call (beli) yang digunakan dalam strategi bullish dan opsi put (sell) secara eksklusif dalam perdagangan netral hingga bearish. 

Namun, seorang trader bisa saja menjual call option, yang secara efektif akan memberikan eksposur negatif terhadap ETH di atas harga tertentu. 

Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk memperkirakan efek ini.

Bear Punya Peluang Jelas Amankan Keuntungan $140 juta

Saat ini, harga ETH diperdagangkan mendekati $4.150, dan ada insentif bagi bear untuk mendorong ETH di bawah $4.100 menjelang berakhirnya hari Jumat.

Karena hal ini, perkiraan keuntungan mereka mencapai $140 juta.

Di sisi lain, dengan mempertimbangkan koreksi 12% ETH selama tiga hari terakhir, bull menjadi lebih senang untuk mengambil kerugian $60 juta, jika harga kadaluwarsa Ethereum terjadi di atas $4.200.

Menghindari kerugian sebesar $140 juta, skenario terbaik saat ini tetap mengingat skenario bearish yang disebabkan oleh regulatory yang tidak pasti.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik