Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Liputan Eksklusif · 5 min read

Token Milik Ghozali (GHZLI) Anjlok, Ghozali Buka Suara Terkait Tuduhan Rugpull

ghozali

Ghozali, seorang figur yang populer dalam dunia kripto di Indonesia berkat NFT swafotonya di tahun 2022, kembali menjadi sorotan publik setelah merilis token GHZLI.

Namun, seiring dengan penurunan harga yang signifikan, muncul spekulasi akan kemungkinan adanya tindakan rugpull, memicu perdebatan di antara komunitas kripto. Namun, klarifikasi langsung Ghozali bersama tim Coinvestasi (24/4/24), membuka beberapa fakta dari pemahaman yang lebih jauh tentang situasi ini.

Ide Dibalik Token Ghozali (GHZLI)

Ghozali awalnya berencana untuk merilis edisi kedua dari koleksi NFT-nya, yang berisi swafoto yang belum pernah dipublikasikan sejak tahun 2022 hingga dia lulus. Namun, tantangan teknis dalam proses pengelolaan NFT mendorongnya untuk mencari solusi yang lebih efisien. 

Koleksi NFT pertamanya, Ghozali menggunakan bot untuk melakukan minting satu persatu, yang tentunya cukup repot dalam prosesnya. Akhirnya, Ghozali memilih untuk menggunakan standard token ERC-404 dengan kerjasama Pandora 404, yang memungkinkan pengelolaan NFT dengan likuiditas yang lebih mulus.

Token ERC-404 memungkinkan dwi-fungsi token, yakni token fungible ketika jumlah token bukan bilangan bulat, dan NFT ketika jumlah token adalah bilangan bulat. Dengan ini, muncullah token ERC-404 dengan ticker GHZLI.

Token GHZLI diluncurkan melalui presale yang memungkinkan semua orang untuk berpartisipasi dalam pembelian token sebelum masuk ke market. Ghozali membatasi dana peserta presale yang masuk sebesar 400 ETH, dari kombinasi jaringan layer-2 Base dan Ethereum. Token GHZLI diluncurkan di jaringan Base setelah presale bearkhir.

Harga Token Anjlok, Rugpull?

Dalam beberapa jam setelah peluncuran token, harga GHZLI sempat hampir menyentuh US$10.000 atau sekitar Rp150 juta pada waktu itu (29/3/24). Harga token yang tinggi berkorelasi dengan pasokan maksimum yang sedikit, yakni 1.500 GHZLI, sekaligus menghantarkan token ini menyentuh kapitalisasi penuh US$15 juta.

ghozali ghzli
Gambar: Grafik harga token GHZLI. Sumber: Dextool.

Namun seiring waktu, harga token mengalami penurunan yang konsisten hingga per artikel ini dibuat (14/5/24), GHZLI diperdagangkan pada harga US$7,4. Spekulasi tentang rugpull muncul ketika harga token GHZLI mengalami penurunan yang signifikan.

“Rugpull bro token lu itu , terjun bebas,” ujar pengguna X. “Bikin projek ga jelas, utility ga ada. Orang2 di jadikan exit liqudity doang,” ungkap pengguna X lainnya dengan isi serupa.

Namun, klarifikasi dari Ghozali menegaskan bahwa, “Tidak ada tindakan rugpull yang dilakukan. Penyedia likuiditas awal tidak tercatat menarik (remove) likuiditas yang ada berdasarkan data Dexscreener”.

ghozali ghzli
Gambar: Bukti LP tidak dicabut. Sumber: Dexscreener.

Konfirmasi dari Ghozali mengenai alokasi dana presale menjelaskan bahwa dana tidak ditarik secara keseluruhan. Sebagian besar dana dialokasikan untuk memperkuat liquidity pool, pengembangan proyek, dan strategi buyback. Langkah pemindahan dana ke wallet lain dilakukan untuk mencegah praktek snipe atau bot trading.

Seluruh dana dari presale token yang berlebih, yakni 368 ETH, telah dikembalikan sesuai dengan batas maksimum yang ditetapkan oleh Ghozali, menunjukkan komitmennya untuk menjaga transparansi dan kepercayaan komunitas.

ghozali ghzli
Gambar: Bukti refund. Sumber: Basescan.

“Dari awal memang tidak ada niat buat rugpull, kita kan batasin presale nya maksimal di 400 ETH, trus kalo ada dana lebih, ya kita refund aja semua. Jadi kalo ngomongin rugpull, kan kita udah balikin semua dana presale yang lebih dari batasnya,” ungkap Ghozali.

Selain itu, alokasi token yang didapatkan Ghozali nyatanya memiliki periode vesting, sehingga Ghozali tidak dapat menjual token yang ia miliki hingga waktu unlock token tiba. “Kami tidak melakukan rugpull, token aku juga di-vesting dan belum dapat dijual. Bahkan saya sendiri tidak bisa menjual token sama sekali,” tambah Ghozali.


Ghozali Adakan Sesi Tanya Jawab

Sementara itu, Ghozali telah menggelar Space di X untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai kontroversi proyeknya. Tayangan ulang space bisa di saksikan di tautan bawah ini.

Ghozali juga akan hadir di acara Coinfest Asia untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut mengenai perkembangan dan rencana proyek NFTnya di masa depan. Kamu bisa dapatkan tiket Coinfest Asia dengan klik gambar di bawah ini.

Baca juga: Risiko Tinggi Trading Memecoin, Trader Ini Rugi Rp2,3 Miliar

Penting untuk mengakui bahwa fenomena seperti penurunan harga token bukanlah hal aneh dalam industri kripto yang memiliki volatilitas tinggi.

Faktor-faktor seperti spekulasi pasar, sentimen investor, dan faktor-faktor eksternal dapat berperan dalam perubahan harga yang tajam. Berdasarkan pengamatan secara on-chain, sulit untuk menyatakan secara yakin bahwa penurunan harga token GHZLI adalah rugpull.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Coinvestasi

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.