Pasar Lagi Koreksi, Ini 3 Alasan Investor Setia Hodl Solana

Rossetti Syarief

11th April, 2022

Harga Solana (SOL) mencapai $143,50 pada 2 April setelah reli 82% yang cukup mengesankan selama periode 20 hari.

Kinerja bagus ini dapat dikaitkan pada sentimen positif terkait pasar NFT, DeFi, serta dApps di dalam jaringan. 

Namun sayang, reli sebelumnya ternyata tidak bisa menyelamatkan harga SOL di tengah koreksi pasar dengan mencatat penurunan 22,7% hari ini.

Pegerakan Harga Solana

Meski begitu, Solana hodler mengaku tidak mempermasalahkan koreksi harga tersebut karena tiga alasan ini! Simak artikel berikut untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga: Awal Pekan Market Crypto Berdarah, Ini Prediksi Harga Selanjutnya!

NFT Berbasis Solana Mencatat Keuntungan Tinggi

Kenaikan harga SOL dimulai ketika Coinbase Wallet menambahkan dukungan untuk Solana pada 18 Maret.

Bursa tersebut menguraikan rencana perusahaan yang akan menghubungkan Coinbase Wallet dengan aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan NFT yang dihosting di Solana.

Ditambah lagi, ekspektasi integrasi OpenSea dari jaringan Solana juga menarik minat investor.

Strategi Solana untuk fokus pada pasar NFT tampaknya telah membuahkan hasil yang baik. Jaringan blockchain layer-1 itu telah naik ke posisi ketiga sepanjang masa dalam total penjualan NFT tercatat sejak 6 April. 

Selain itu, data akumulasi 30 hari terakhir mencatat jika Solana telah mengumpulkan 216 juta Dollar hanya dari penjualan NFT.

Setoran dApps dan DeFI yang Menonjol

Metrik utama aplikasi terdesentralisasi (dAppa) Solana mulai menunjukkan kelemahan pada akhir Maret setelah mencatat penurunan nilai dengan akumulasi di bawah 50 juta.

TVL dalam Solana

Bagan di atas menunjukkan bagaimana deposit dApps pada jaringan mengalami penurunan 30% dalam tiga minggu saat indikator mencapai level terendah sejak 20 September 2021. 

Sisi baiknya, pada tanggal 5 April Neon merilis versi alfa untuk solusi kompatibilitas dan penskalaan Solana EVM pertama. Dua hari setelahnya, Solana mengumumkan bahwa lebih dari 1,6 juta SOL addresses kini memiliki NFT.

Data yang dilansir DappRadar pada 8 April kemudian mencatat bahwa SOL address yang berinteraksi dengan dApps meningkat rata-rata 11%. 

Orca, pertukaran terdesentralisasi yang ramah pengguna adalah sorotan mutlak yang berhasil mengumpulkan 153.290 pengguna dalam periode singkat.

Meskipun TVL Solana mencatat penurunan yang cukup memprihatinkan dibandingkan platform smart contract serupa, ada penggunaan jaringan yang solid di pasar DeFi dan NFT, yang diukur dengan 212.230 active user dalam Magic Eden selama 30 hari terakhir.

Data di atas menunjukkan bahwa investor Solana tidak perlu khawatir dengan koreksi terbaru.

Ekosistem Solana didorong oleh penyampaian tonggak penting menuju kompatibilitas Ethereum dan integrasi pasar NFT dengan potensi apresiasi harga lebih lanjut yang membaik.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.