Tezos Rilis Peningkatan Delphi, Konsumsi Gas Berkurang

Wafa Hasnaghina

15th November, 2020

Beberapa bulan setelah menyusun proposal protokol terbaru, Tezos secara resmi mengimplementasikan peningkatan jaringan ke-4 dalam dua tahun terakhir. Peningkatan ini dijuluki Delphi dan bertujuan untuk mengurangi konsumsi gas dan perbaikan bug “kecil”.

Peningkatan Delphi Langsung di Blockchain Tezos

Proposal Delphi awalnya diajukan pada awal September 2020 ini. Tujuannya berfokus pada perbaikan bug, peningkatan substansial pada kinerja interpreter Michelson dan model gas, serta mengurangi biaya penyimpanan.

Delphi dapat mengurangi konsumsi gas sekitar 75% dan memungkinkan penggunaan smart contract yang lebih kompleks dalam aplikasi on-chain lanjutan. Ini menunjukkan nilai kemampuan beradaptasi Tezos, karena blockchain publik lainnya tidak memiliki mekanisme formal dalam mengoordinasikan peningkatan protokol secara rutin dan menerapkan peningkatan fungsionalitas dalam skala besar.”

Baca juga: Kenalkan Profesi Blockchain Developer, Coinvestasi dan Tezos Sukses Adakan Blockchain Developer Fast Track

Peningkatan Terjadwal pada Jaringan

Beberapa pengembang Tezos, termasuk yang telah aktif sejak pembaruan awal Athena, baru-baru ini mencantumkan alasan mengapa jaringan harus menjalani peningkatan yang terjadwal.

Hal ini lantaran banyak proyek menerapkan peningkatan tanpa adanya jadwal sehingga membuat interval perilisan yang terlalu sering atau sebaliknya. Alih-alih merilis kode ketika fitur tertentu selesai, Tezos menegaskan peningkatan jaringan dengan jadwal yang teratur akan bekerja jauh lebih baik untuk semua pihak.

Tezos sendiri merupakan proyek open-source dengan kontributor dari seluruh dunia. Jaringan ini “menyediakan mekanisme di mana siapa pun dapat secara kredibel mengajukan proposal tanpa takut akan ada kesulitan atau bahkan mengakibatkan jaringan hard-fork.”

Baca juga: Chainlink dan Tezos Terus Tumbuh, Buat LINK dan XTZ Melonjak!

“Itulah alasan Tezos dibangun: mengubah, berevolusi, dan tumbuh. Sangat bersemangat ketika melihat tim dari seluruh dunia berkumpul dalam mewujudkan visi ini,” komentar Arthur Breitman.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini