Berita Bitcoin · 6 min read

Ternyata Ini Penyebab Harga Bitcoin Menurun Drastis!

Hari ini harga Bitcoin menurun yang membuat para trader cemas atau ada juga yang justru memanfaatkan momen ini untuk mengambil keuntungan. Harga Bitcoin sempat mengalami koreksi ke angka $17.250. Saat artikel ini dirilis Bitcon sudah turun lebih jauh ke kisaran $16.000. Penurunan ini sesuai dengan berbagai ekspetasi analis, sebab menembus harga $20.000 diperkirakan akan sangat sulit.

Harga Bitcoin Menurun

Data dari Cointelegraph Markets dan TradingView menunjukkan BTC / USD mengalami volatilitas besar pada Rabu malam.

Hari itu harga Bitcoin hampir diperdagangkan di $19.500, namun setelah jam kerja harga Bitcoin mulai melihat periode keraguan bearish yang berakhir dengan aksi jual yang tajam. Bitcoin kemudian melambung pada $ 17.250 dengan batasan kerugian harian sekitar 5%.

Grafik BTC / USD 1 jam Sumber: TradingView

Baca juga: Sell-off Tajam, Harga Bitcoin Turun $1000 dalam Sekejap!

Banyak analis telah memperingatkan bahwa kenaikan baru-baru ini dijadwalkan akaan mundur, di antaranya pembawa acara CNBC Brian Kelly dan pedagang Tone Vays, yang pada hari Kamis memperkirakan penurunan ke $14.000.

Sementara itu, beberapa metrik juga telah mengisyaratkan koreksi yang membayangi. Diantaranya adalah Indeks fear and greed Crypto yang populer, masih terlihat pada rekor level tertinggi sepanjang November.

Baca juga: Indeks Fear and Greed Crypto Meningkat, Apakah Beli Bitcoin Saat ini Tepat ?

Tekanan Jual Bursa meningkat

Harga Bitcoin menurun yang tiba-tiba ini, disebabkan oleh investor volume besar atau whale yang mendepositkan BTC ke bursa. Hal ini mungkin bertujuan untuk mengambil untung mendekati level tertinggi sepanjang masa Bitcoin $20.000.

“All Exchanges Inflow Mean meningkat beberapa jam yang lalu. Ini menunjukkan bahwa whale, secara relatif, menyetor $ BTC ke bursa. Tapi indikator on-chain jangka panjang mengatakan bahwa tekanan beli berlaku. Saya masih berpikir kita bisa menembus 20k dalam beberapa hari,” kata Ki Young Ju, analitik on-chain CryptoQuant, di twitternya.

Sumber: CryptoQuant / Twitter

Indikator fundamental Bitcoin mendukung teori bullish ke depan dengan kesulitan penambangan ditetapkan untuk kenaikan 7,3% dalam waktu tiga hari dan tingkat hash masih terus tumbuh. Pada saat perilisan, BTC / USD berada di kisaran  $16.700-an yang merupakan harga terendahnya saat ini.

Artikel ini dapatk ditemukan kembali di sini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.