Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Indeks Fear and Greed Crypto Meningkat, Apakah Beli Bitcoin Saat ini Tepat ?

anisa giovanny     Friday, November 20 2020

Pada 19 November, dengan BTC / USD bertahan di $17.500, Crypto Fear & Greed Index mencapai 94, hampir menyamai level tertinggi sepanjang masa di 95 poin dari 100 pada 26 Juni 2019.

Indeks fear (ketakutan) & greed (keserakahan). Sumber: Cointelegraph, Data Aset Digital

Fear & Greed “Paling Serakah” dalam 17 Bulan

Dikompilasi menggunakan beberapa perkiraan sentimen investor, Indeks Ketakutan & Keserakahan Crypto memberikan skor yang dinormalisasi dari 100 untuk mengukur seberapa sebenarnya pasar cryptocurrency overbought atau oversold.

Baca juga: Ini Alasan Harga Bitcoin Alami Flash Crash Setelah Coba Menembus $18.500

Semakin dekat angkanya dengan 100, semakin besar kemungkinan pasar akan mundur. Ini sangat terkait dengan aksi harga, indeks telah berhasil menyebut harga sebagai puncak dengan akurasi yang cukup sejak dimulai pada awal 2018.

“Perilaku pasar crypto sangat emosional. Orang-orang cenderung menjadi serakah saat pasar naik yang menghasilkan FOMO (Takut ketinggalan), orang sering menjual koin mereka dalam reaksi irasional ketika melihat angka merah. Dengan Indeks  fear and greed kami mencoba menyelamatkan dari reaksi emosional yang berlebihan, ” jelas pengembang situs metrik tersebut dilansir Cointelegraph.

Pada akhir Juni 2019, indeks mencapai level tertinggi yang pernah ada – 95 dari 100 dan kemarin rekor tersebut hanya satu poin lebih tinggi dari pembacaan saat ini. Analis Cointelegraph Markets, filbfilb, sementara itu menyoroti bahwa struktur pasar 2020 “sangat mirip” dengan 2019.

Bisakah  Investor Kuat Mencegah penurunan?

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, sejumlah grafik yang melacak aktivitas pasar Bitcoin telah mencapai level tertinggi sepanjang masa minggu ini, dengan dampaknya yang jelas lebih bullish.

Analis secara luas telah berhenti menyebut kenaikan saat ini berjalan terlalu tergesa-gesa, mengingat sifat “organik” nya, ahli statistik Willy Woo membandingkan posisi tertinggi sepanjang masa pada tahun 2017.

Pada prinsipnya, Woo dan yang lainnya berpendapat, investsor besar membeli pasokan tahun ini. Sementara para amatir dan spekulan tetap berada di di belakang. .

Perspektif itu dikuatkan oleh data yang menunjukkan sejumlah besar koin meninggalkan pertukaran untuk disimpan di cold wallet dan wallet jangka panjang lainnya, serta aktivitas pembelian dari whale.

Apakah Beli Bitcoin Saat Ini Pilihan yang Tepat ?

Dalam sesi siaran langsung oleh analis crypto Indonesia, Wicky Zeroski ia mengatakan jika beli Bitcoin di waktu sekarang kurang tepat. Sebab harga Bitcoin saat ini sedang tinggi dan cenderung akan terkoreksi.

“ Selamat bagi yang sudah beli Bitcoin sebelum harga saat ini, untuk yang belum beli saya sarankan tahan dulu. Karena kemungkinan harga Bitcoin akan turun ke area $17.100 dan akan naik kembali di akhir tahun sekitar $20.000-an,” kata Wicky memprediksi.

Karena itu bagi yang belum beli Bitcoin ada baiknya jangan terburu-buru perhatikan berbagai aspek dan yang paling penting jangan serakah hanya karena melihat harga Bitcoin yang sedang meroket. Sebab kemungkinan untuk turun pun masih ada. Bagi yang sudah punya sebaiknya juga tidak serakah menjual seluruh aset, karena kenaikan yang lebih baik pun masih sangat terbuka.

Jadi, bagaimana market akhir tahun nanti? Nantikan laporannya di Coinvestasi.com.

*Artikel ini hanya merupakan informasi dan prediksi bukan merupakan acuan utama atau saran untuk melakukan jual beli Bitcoin. Semua aktivitas perdagangan Bitcoin harus dilakukan dengan sadar, penuh pertimbangan dan tanpa paksaan.