Berita Bitcoin · 7 min read

Terlibat Cryptojacking, Dua Pria Rumania Siap Dihukum

Seorang juri federal telah memvonis dua orang Rumania terduga kriminal cyber yang menyebarkan malware untuk mencuri kredensial kartu kredit dan secara ilegal menambang cryptocurrency, menurut sebuah pengumuman dari situs resmi Departemen Kehakiman Amerika Serikat yang diungkap pada 11 April.

Cryptojacking dengan Malware

Malware yang diduga disebarkan oleh tersangka dikabarkan digunakan untuk cryptojacking dan untuk mencuri kartu kredit dan data lain yang tersangka akan jual di pasar darknet dan digunakan untuk terlibat dalam penipuan online.

Seperti laporan Departemen Kehakiman, Bogdan Nicolescu, 36 tahun, dan Radu Miclaus, 37 tahun, keduanya dihukum setelah dipersidangkan 12 hari.

Kedua orang tersebut dituduh melakukan penipuan, konspirasi dalam merek layanan palsu, pencurian identitas, konspirasi untuk melakukan pencucian uang dan masing-masing terhitung melakukan 12 kali penipuan .

Baca juga: Buff Doge Coin Koreksi Nyaris 100%, Tuduhan Scam Beredar

Keduanya dijadwalkan akan dihukum pada 14 Agustus tahun ini di Distrik Utara Ohio.

Konspirasi Kriminal

Kegiatan itu diduga dilakukan sebagai “konspirasi kriminal” dari Bucharest, Rumania, oleh para tersangka yang disebutkan di atas dan orang lain yang mengaku bersalah. M

alware sendiri dikembangkan pada 2007 dan disebarkan melalui email sebagai komunikasi yang sah dari perusahaan seperti Western Union, Norton AntiVirus dan Internal Revenue Service.

Baca juga: Mengenal Cryptojacking dan Cara Mencegahnya

Seperti yang dijelaskan dalam press release, penerima yang mengklik file terlampir di email semacam itu telah menginstal malware di perangkat mereka.

Malware juga memanen alamat email dari daftar kontak korban. Komputer yang terinfeksi juga mendaftarkan lebih dari 100.000 akun email AOL yang digunakan untuk menyebarkan malware lebih lanjut dengan jutaan email yang dikirim ke alamat yang dicuri.

Virus ini juga terarah ke situs web utama seperti Facebook, PayPal, eBay ke versi yang hampir sama yang dimaksudkan untuk phishing untuk mendapatkan kredensial akses. Kredensial yang dicuri dilaporkan digunakan untuk menyewa ruang server, mendaftarkan nama domain, dan membayar layanan anonimisasi.

Terakhir, laporan itu juga menetapkan bahwa kasus itu diselidiki bersama oleh Biro Investigasi Federal AS dan Kepolisian Nasional Rumania

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, layanan dompet Bitcoin (BTC), Electrum sedang menghadapi serangan Denial-of-Service berlanjut dalam servernya dan penggunanya telah kehilangan jutaan dolar.

Dalam laporan bulan lalu AT&T Cybersecurity, mengungkapkan bahwa mining cryptocurrency adalah salah satu tujuan yang paling banyak diamati dari peretas yang menyerang infrastruktur cloud bisnis.

Pada akhir Maret, berita mengenai strain baru malware Trojan untuk handphone Android menargetkan pengguna global aplikasi top crypto seperti Coinbase, BitPat, dan Bitcoin wallet, sama juga seperti bank termasuk JPMorgan, Wells Fargo, dan Bank of America.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.