Telegram Luncurkan Pembayaran Crypto Tanpa Biaya!

Anisa Giovanny

29th April, 2022

TON Foundation, blockchain layer-1 terdesentralisasi yang dirancang oleh Telegram, telah menambahkan fitur pembayaran crypto.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim Toncoin ke pengguna telegram lain tanpa biaya transaksi apa pun.

Diluncurkannya transaksi ini agar proses transaksi cryptocurrency bisa lebih sederhana dan pada akhirnya bisa mendorong adopsi massal di seluruh dunia.

Sejauh ini, platform Toncoin menawarkan lebih dari 52 juta transaksi, dengan lebih dari 486.000 dompet, menurut situs web TON Foundation.

Aplikasi perpesanan ini dikatakan memiliki lebih dari 550 juta pengguna dan bot TON Foundation memiliki lebih dari 800.000 pengguna.

“Dengan layanan ini, Anda tidak perlu lagi memasukkan alamat dompet yang panjang dan menunggu konfirmasi,” kata Foundation dalam tweet yang mengumumkan fitur tersebut.

Fitur ini mirip dengan fungsi pembayaran Bitcoin yang ditawarkan oleh Twitter melalui fitur Tip Jar sejak September tahun lalu.

“Kami mengantisipasi bahwa fungsi ini akan meluas ke pembayaran konsumen hingga bisnis sehingga orang dapat dengan mudah memperoleh barang dan jasa dengan mengirimkan toncoin melalui bot di aplikasi Telegram,” kata TON Foundation.

Baca juga: TON Bangkit Lagi! Segera Rilis Platform NFT TON Diamonds

Perjalanan Ton Coin Telegram

TON menggunakan mekanisme proof of stake dan didirikan pada tahun 2017 yang ditujukan untuk DNS, layanan terdesentralisasi, dan pembayaran instan.

Koin Telegram dan TON jatuh pada Mei 2020 karena hambatan hukum dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS. SEC menuduh Telegram menjual sekuritas yang tidak terdaftar dengan Initial Coin Offering (ICO).

Agensi mengajukan keluhan setelah aplikasi itu dapat mengumpulkan $ 1,7 miliar dari penjualan token pribadi.

Lebih buruk lagi, seorang hakim New York telah memutuskan untuk tidak mengizinkan perusahaan mendistribusikan token Gram kepada investor asing atau mereka yang berada di luar Amerika Serikat.

Baca juga: Pengadilan New York Tunda Dengar Pendapat Telegram

Karena kasus ini, Ton Coin pun dipindahkan ke TON Foundation yang dibentuk  anggota komunitas blockchain yang ingin menjaga pengembang kripto di aplikasi tetap berjalan.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency