Riqi Paras Sebut Tantangan untuk Ekosistem NFT Indonesia

Anisa Giovanny

24th September, 2022

Membangun ekosistem di industri NFT penting dilakukan untuk membuat keberlanjutan, dan bukan hanya jadi ajang kebetulan. Dalam prosesnya membangun ekosistem dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak dari regulator, investor, penggiat industri, hingga pengguna. 

Berbicara dengan Coinvestasi dalam acara Coinfest Asia, Riqi founder Paras berbagai pandangannya soal tantangan di ekosistem NFT di Indonesia. Paras.id merupakan marketplace NFT yang dibangun menggunakan cryptocurrency Near sebagai alat tukar antara kolektor dan pembeli yang mendukung transaksi lintas batas. 

“ Di Indonesia ekosistem NFT lumayan berkembang utamanya di komunitas, meski kalau dibandingkan dengan yang lain termasuk telat, kita termasuk kurang untuk builders masih belum banyak project yang memang serius, tapi saya yakin  kita punya banyak talent untuk bikin project yang lebih baik dan bagus, marketnya global gak cuma Indonesia. Dan ini waktunya kita membikin produk dan masuk ke internasional market,” kata Riqi. 

Riqi juga menjelaskan jika ekosistem NFT di Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki, terutama soal edukasi yang melibatkan media hingga influencer.  

Pentingnya Edukasi dan Dukungan

Menurutnya  platform edukasi sangat penting dilakukan untuk meluruskan anggapan jika NFT adalah cara mendapatkan uang cepat. 

“ NFT itu tidak seperti yang kita dengar, kita jual dapat satu, tiga miliar itu tidak, hanya kasus tertentu saja yang viral, yang seperti itu membuat anggapan kalau NFT itu cara mendapatkan uang cepat, padahal NFT itu juga tentang menumbuhkan komunitas dan koneksi,” kata Riqi. 

Selain platform edukasi, Riqi juga menambahkan jika influencer yang berkualitas perlu didukung, dengan catatan ia memberikan penjelasan dan mengenalkan soal project NFT yang benar-benar bagus.

Dukungan pun sebaikanya diberikan dari awal hingga project NFT itu sukses, sehingga dampak yang akan diberikan bukan hanya untuk perorangan tetapi bisa ke seluruh ekosistem, yang diharapkan turut mendongkrak pamor project NFT yang lain. 

Sementara itu, di masa bear market ini Riqi juga mengatakan ini bisa jadi momentum yang pas untuk para kreator membuat eksperimen dan menghadirkan proyek NFT berkualitas serta inovatif.

Baca juga: Marketplace dan Kreator NFT Indonesia

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency