Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Tadpole Finance, DeFi dari Indonesia Ciptaan Indodax dan Tokenomy

Wafa Hasnaghina     Thursday, October 15 2020

Perkembangan DeFi dunia sangat pesat, seperti tidak mau ketinggalan, proyek DeFi ciptaan dalam negeri Tadpole Finance juga ikut menyemarakan peristiwa ini. 

Tidak hanya di Indonesia, komunitas pegiat crypto dan DeFi berbondong-bondong untuk juga ikut serta dalam menyemarakan pertumbuhan teknologi masa depan tersebut. Dengan hadirnya DeFi ciptaan dalam negeri tersebut, memperkukuh perkembangan sekaligus adopsi mata uang crypto dan blockchain di Indonesia. 

Baca juga: Pahami Apa itu DeFi dalam 3 Menit!

Tadpole Finance merupakan proyek eksperimen dengan mengambil konsep keuangan terdesentralisasi atau lebih populer disebut DeFi singkatan dari Decentralized Finance. Proyek ini dibangun dengan kerjasama Indodax dan Tokenomy. 

Dalam wawancara dengan Coinvestasi, CTO Indodax William Sutanto mengatakan ketertarikan Indodax untuk terjun langsung ke dalam ekosistem DeFi ini. 

“Kami melakukan research mendalam terhadap DeFi dan proyek-proyek DeFi yang sudah ada saat ini, dan dari research tersebut kami melihat potensi mengembangkan ekosistem ini lebih jauh.”

Platform berbasis blockchain ini akan memungkinkan proses layanan pinjam-meminjam (lending) dalam dunia crypto. Tentunya, karena sifatnya yang terdesentralisasi, tidak ada perusahaan atau entitas yang mengendalikan crypto pengguna. Sistem akan berjalan secara otomatis dan tanpa perantara. 

“Selain itu, proyek ini juga berupaya untuk lebih terbuka terhadap listing token-token DeFi lainnya. Pasalnya, proyek-proyek serupa biasanya hanya mendukung token yang sangat terbatas di dalam money market mereka,” ujar William Sutanto.

Proyek eksperimen Tadpole Finance tersebut merilis juga tokennya sendiri bernama TAD dan membuka beberapa program. Program-program tersebut terdiri dari Genesis Mining, Saving Lending, dan Developer Rewards Program. Untuk saat ini, hanya Genesis Mining yang baru aktif dibuka untuk pengguna. 

Program Genesis Mining ini akan mendistribusikan token TAD awal kepada para pemegang token TEN di dalam protokol. Nantinya program ini akan berlangsung selama satu bulan dimulai dari 13 Oktober 2020. 

Masa Depan DeFi di Indonesia

Kemunculan Tadpole Finance ini menjadi langkah penting bagi perkembangan DeFi dan crypto di Indonesia. Hal ini dapat membuka peluang yang lebih besar terhadap pertumbuhan DeFi ke depannya. Terlebih, ini dapat membuka jalan penuh terhadap adopsi blockchain dan juga crypto di Indonesia.

Selanjutnya, Tadpole Finance ini akan bersifat open-source. William Sutanto mengajak para pengembang untuk bersama-sama bergerak dan mengembangkan platform lebih jauh.

“Tadpole Finance akan dibuka  sebagai open source, semua orang bisa berkontribusi. Selain pengetahuan berharga yang didapat, juga terdapat reward berupa TAD token.”

Diharapkan perkembangan ini akan membuka jalan lebih lebar terhadap pengadopsian teknologi blockchain, DeFi, dan juga crypto di Indonesia. 

Ke depannya, proyek ini masih akan terus bereksperimen dan mengembangkan platform tersebut. Belum ada waktu pasti terkait dengan launching platform secara keseluruhan. Hal ini bergantung pada minat dan juga perkembangan pasar DeFi itu sendiri,