Starbucks Terima Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

By Aulia Medina     Wednesday, May 15 2019

Cameron Winklevoos membuktikan bahwa Cryptocurrensy sudah dapat digunakan sebagai alat pembayaran di Starbucks dan beberapa perusahaan lainnya. Dia menampilkan versi beta dari aplikasi baru bernama Spedn, yang dibangun oleh startup pembayaran bernama Flexa dan melambaikan kode QR di depan pemindai Honeywell, membayar minuman Starbucks dengan mata uang crypto yang dia dan saudaranya ciptakan dengan menggunakan ethereum blockchain.

Mata uang crypto akhirnya dapar digunakan

Masalahnya adalah, Starbucks, bersama dengan setiap perusahaan besar yang sekarang menerima mata uang kripto sebagai pembayaran, tampaknya tidak mau mengakui apa yang mereka lakukan. Ketika foto kwitansi untuk transaksi diambil, salah satu anggota Winklevoss mengatakan kepada Cameron agar menutupi logo Starbucks. “Mereka tidak berpartisipasi dalam pengumuman pertama,” dia mengingatkan Cameron.

Gemini, yang mengelola cryptocurrency, maupun Flexa, perusahaan yang membangun aplikasi dan mendaftar perusahaan yang berpartisipasi dalam peluncuran hari ini, tidak dapat meminta klien mereka untuk melakukan konfirmasi melalui email. Namun demikian, semua bukti menunjukkan fakta bahwa pada hari ini, beberapa perusahaan terbesar dan paling terkenal di dunia sekarang menerima bitcoin, ether, litecoin, bitcoin cash, zcash, dan Dolar Gemini (GUSD), cryptocurrency yang didukung oleh dolar AS nyata disimpan dalam akun State Street dan dibangun di atas blockchain ethereum publik

Tanda terima yang diberikan kepada Forbes dari beberapa dari ratusan penguji aplikasi beta mengkonfirmasi bahwa pembelian crypto dilakukan di Game Stop, Bed Bath & Beyond dan Whole Foods. Email dari Barnes & Noble, Office Depot dan Nordstrom juga disediakan oleh Flexa untuk mengkonfirmasi partisipasi toko dalam proyek. Secara total, 89% dari pengguna beta menghabiskan cryptocurrency di setidaknya satu lokasi yang diumumkan hari ini, menurut data Flexa, dengan 81% dari mereka melakukan  beberapa kali transaksi di lebih dari satu lokasi.

Daftar Perusahaan penerima pembayaran crypto

Perusahaan yang sekarang secara resmi menerima cryptocurrency ini, menurut Flexa, adalah Barnes & Noble, Baskin Robbins, Bed Bath & Beyond, Caribou Coffee, Crate & Barrel, Express, GameStop, Jus Jamba, Lowe’s, Nordstrom, Office Depot & OfficeMax, Petco, Regal Bioskop, Ulta Beauty, dan Pasar Makanan Utuh milik Amazon. Dan tentu saja, ada Starbucks, meskipun tidak menjadi bagian dari peluncuran resmi. Secara total, hampir 100 toko diharapkan mulai menerima bitcoin dan cryptocurrency lainnya melalui aplikasi Spedn pada akhir tahun ini.

“Industri kripto secara historis memiliki kelebihan pembayaran namun kurang terkirim,” kata CEO Gemini Tyler Winklevoss, 37. “Dan ini adalah pertama kalinya kami benar-benar memberikan kasus penggunaan belanja menggunakan kripto Anda.”

Jelasnya ini adalah masalah besar. Untuk sebuah industri yang lahir dalam anonimitas dan misteri, tumbuh oleh kripto-anarkis, dan diuji dalam black market di deep web. Ini adalah awal dari fase baru penerimaan arus utama. Tetapi juga jelas, tidak ada perusahaan yang secara independen mengkonfirmasi mereka menerima cryptocurrency.

Baca juga: https://coinvestasi.com/berita/digital-galaxy-bitcoin-harus-lewati-20-000-dalam-18-bulan/

Starbucks mengklaim tidak bekerjasama dengan Gemini

Terlepas dari pembelian Cameron, Starbucks, satu-satunya perusahaan yang menanggapi permintaan kami, mengklaim mereka tidak bekerja dengan Gemini atau Flexa. Salah satu alasannya adalah pada Agustus 2018, Starbucks mengumumkan bahwa mereka adalah mitra cryptocurrency exchange Bakkt yang merupakan kompetitor, dan akan membantu Bursa Efek New York mengubah aset digital menjadi dolar AS untuk diterima sebagai pembayaran di toko mereka.

Jadi, bagaimana Flexa membiarkan Cameron Winklevoss membayar kopi Starbucks itu dengan crypto, dan bagaimana 15 perusahaan lain juga melakukannya? Pertama, pengguna perlu mengunduh aplikasi dari App store Apple, lalu mengirimkannya aset pilihan mereka dari dompet cryptocurrency. Sementara Gemini menjaga dana kripto, Spedn menangani pembayaran itu sendiri dengan membuat kode QR satu kali di layar ponsel, yang dipindai oleh pemindai yang ada di toko yang berpartisipasi, mendebit jumlah yang dibebankan dari akun pelanggan. Sementara pelanggan mendapatkan tanda terima yang menunjukkan pembelian sebagai kartu hadiah, Spedn menyelesaikan pembayaran dengan pedagang dalam mata uang pilihan.

Ada dua alasan utama mengapa pedagang ini mungkin ingin menggunakan produk seperti Flexa, menurut CEO-nya, Tyler Spalding, atau pesaing seperti BitPay, Coinbase, atau Circle Pay, yang juga memiliki koin stabil mereka sendiri, yang disebut Koin USD (USDC). Yang pertama adalah bahwa karena transaksi mata uang crypto bersifat permanen, mereka memberi Spedn kepastian yang diperlukan untuk menolak permintaan agar dana dikembalikan, suatu proses yang disebut chargeback. Perusahaan konsultan Javelin Strategy memperkirakan bahwa chargeback biaya pedagang $ 31 miliar pada 2017. “Kami memiliki pembayaran diverifikasi, ireversibel,” kata Spalding, 39. “Yang tidak mungkin menggunakan metode lain saat ini.”

Keuntungan Penggunaan Flexa sangat besar

Spalding, mantan peneliti NASA dan direktur di Lockheed Martin Space Systems, mengatakan manfaat kedua bagi pedagang adalah bahwa perusahaan itu hanya membebani biaya sekitar empat sen untuk “memproses pembayaran dalam ukuran apa pun.” Dengan biaya pertukaran rata-rata pada tahun 2017 berkisar antara $ 0,22 dan $ 0,52 tergantung pada nilai transaksi dan biaya persen, menurut data bank Federal Reserve AS, ada banyak ruang untuk dinegosiasikan dan masih menghasilkan untung. Untuk transaksi yang lebih besar, keuntungan untuk Flexa bisa sangat besar, dan begitu juga tabungan untuk pedagang. “Apa pun yang mereka bayar sekarang, kami ingin lebih rendah dari itu,” kata Spalding. Untuk memberikan gambaran tentang apa yang dipertaruhkan, $ 5,93 triliun pembayaran kartu kredit tradisional menghasilkan $ 88,39 miliar biaya di AS saja, menurut laporan Nilson 2017.

Spalding pertama kali terinspirasi untuk pembayaran bitcoin adalah  Game Seven dari World Series 2016 antara Cleveland Indians dan Chicago Cubs yang digemarinya. Sudah 106 tahun sejak Cubs memenangkan World Series, dan saat 40 juta penonton menonton pertandingan di televisi, tiket pertandingan terjual seharga $ 50.000 sepasang, dengan kekhawatiran akan penipuan yang merajalela. Spalding dan istrinya terbang ke Cleveland untuk menyaksikan pertandingan bersejarah yang menegangkan musim ini.

Pada saat itu, Spalding adalah kepala staf teknis dari startup kartu hadiah Raise, dan sudah terbiasa dengan cara pembayaran alternatif. Jadi ketika dia menemukan pemegang tiket musiman bersedia menjual dua tiket dengan bitcoin senilai $ 10.000, dia tidak terkejut. “Ini adalah transaksi yang sangat bernilai tinggi, sangat berisiko, dan orang ini berkata,” Tidak. Tidak. Saya ingin crypto, ” kata Spalding. “Itu sempurna.” Dua tahun kemudian, ia ikut mendirikan Flexa.

Aplikasi Spedn

Spedn adalah aplikasi pertama yang didukung oleh Flexa Network, jaringan pembayaran berbasis ethereum yang mirip dengan Visa atau Mastercard, tetapi untuk pengeluaran mata uang crypto. Untuk membangun di jaringan, Spedn dan yang lainnya diharuskan untuk mengunci cryptocurrency flexacoin asalnya. “Aplikasi perlu berjanji dalam jaringan untuk memungkinkan aplikasi mereka digunakan,” kata Spalding.

Selain memberikan akses kepada pembangun ke jaringan, token tersebut dijual ke Pantera Capital dan lainnya untuk mengumpulkan $ 14,1 juta dalam penawaran initial coin offering (ICO) untuk membayar pengembangan dan memberikan kompensasi kepada pendiri. Sekitar 15% dari total koin yang ada dijual selama ICO dihargai perusahaan sekitar $ 80 juta pada saat itu. Lebih dari seminggu sebelum pengumuman hari ini, harga flexacoin sebenarnya turun 30% menjadi $ 0,0053, menurut situs harga CoinGecko, tetapi selama 30 hari terakhir meningkat 108%.

Hanya perusahaan besar menerima aplikasi Spedn

Perusahaan-perusahaan terkenal yang menerima aplikasi Spedn tentu merupakan grup terbesar, namun mereka bukan yang pertama. Di awal sejarah bitcoin, sejumlah perusahaan terkemuka termasuk CheapAir, Microsoft, Overstock.com, Reddit, dan Expedia mulai menerima cryptocurrency. OpenBazaar yang didukung Venture adalah pasar online yang memungkinkan vendornya menerima berbagai cryptocurrency sebagai pembayaran untuk barang.

Tetapi pada tahun 2018, ketika harga bitcoin jatuh dari $ 19.000 menjadi $ 5.000 Expedia, Reddit dan sejumlah perusahaan lain berhenti menerima mata uang kripto, mengutip kurangnya minat karena volatilitas harga. Kata waktu itu adalah “hodl,” yang merupakan salah ejaan dari kata “hold (tahan),” yang berarti tidak menjual atau menghabiskan mata uang crypto Nama aplikasi, Spedn, berasal dari “menghabiskan,” adalah permainan mantra ini.

Satu perbedaan besar antara perusahaan generasi pertama yang menerima cryptocurrency dan yang diumumkan hari ini adalah penemuan koin stabil yang relatif baru seperti Dolar Gemini dan Koin USD, yang memberi pengguna manfaat kripto tanpa risiko harga berfluktuasi.

“Impian kami adalah untuk memungkinkan koin apa pun dibelanjakan di pedagang mana pun,” kata salah satu pendiri Flexa, Trevor Filter, 29. “Tidak hanya di AS tetapi di seluruh dunia.”

Sumber