Stablecoin Binance Dijanjikan Rilis “Dua Bulan” Lagi

By Aulia Medina     Tuesday, June 11 2019

Pertukaran mata uang crypto terkemuka asal Cina Binance dilaporkan akan menerbitkan stablecoin sendiri dalam dua bulan, Bloomberg melaporkan pada 5 Juni.

Chief Financial Officer Binance, Wei Zhou mengatakan kepada Bloomberg bahwa pertukaran ini akan mulai menerbitkan stablecoin sendiri “dalam hitungan minggu hingga satu atau dua bulan,” dengan tujuan untuk membuat stablecoin tersedia untuk lebih banyak mata uang dunia.

Binance GBP

Stablecoin pertama dari bursa ini yang dijuluki sebagai “Binance GBP” dilaporkan akan berdenominasi dan 100% dipatok ke dalam pound Inggris. Zhou juga mengungkapkan bahwa bursa ini akan menghasilkan uang dengan bunga dari deposito fiat, seperti halnya tether (USDT).

Baca juga: Riset Binance: Cryptocurrency Berada di Akhir Bear Market

Terlepas dari Binance GBP, pertukaran ini dilaporkan berencana untuk memperkenalkan sejumlah stablecoin lain yang didukung oleh mata uang lain, dengan pengecualian dolar AS. Menjelaskan keputusan perusahaan, Zhou mengatakan bahwa “dari perspektif pengguna, hanya negara-negara tertentu dari seluruh dunia yang menggunakan dolar. Pengguna lain menggunakan mata uang lain, dan kami merasa itu harus tercermin dalam stablecoin juga.

Menurut Changpeng Zhou, coin asli pertukaran yang didirikannya ini juga digadang-gadang akan mengurangi pangsa pasar tether di pertukaran ini, yang saat ini mewakili lebih dari 50% volume stablecoin di bursa.

Berita tentang pertukaran ini sedang menguji stablecoin pound Inggris awalnya muncul dan mulai menyebar pada tanggal 4 Juni lalu, ketika seorang pengguna seorang Twitter dengan nama akun CryptosBatman menyadari akan adanya daftar “$BGBP” muncul di platform Binance. CEO Binance Changpeng Zhao kemudian mengomentari tweet itu, Changpeng Zhao mengkonfirmasi bahwa satu pound stablecoin sedang dalam tahap pengujian, dengan hanya £ 200 yang dicetak.

Seperti yang dilaporkan kemarin, pertukaran mata uang crypto asal Cina memfasilitasi 60% dari keseluruhan semua perdagangan USDT secara global. Pertukaran asal Cina pada tahun 2019 sejauh ini mencapai lebih dari $ 10 miliar dalam perdagangan USDT. Sedangkan pertukaran asal Amerika Serikat sendiri hanya dapat mengumpulkan sekitar $ 450 juta dalam USDT yang diperdagangkan.

Sumber