Solana Kena Hack Lagi! $6 Juta Hilang dalam 10 Menit

Naufal Muhammad

3rd August, 2022

Magic Eden, bursa NFT terbesar di Solana, memberi peringatan kepada para penggunanya untuk berhati-hati jika ada permintaan untuk transaksi terutama jika menggunakan Phantom Wallet, salah satu wallet terbesar di Solana. 

Hal ini disebabkan Solana (SOL) sedang diserang oleh banyak hacker yang hingga saat ini masih terus berlangsung dengan salah satu pencapaiannya adalah berhasil mengambil $6 Juta hanya dalam 10 menit. 

Solana Kena Hack Lagi!

Hingga saat ini PeckShieldAlert, salah satu akun twitter yang memberi informasi mengenai peretasan di dunia crypto, mengabarkan bahwa angka uang yang berhasil diambil telah bertambah. 

Dikabarkan bahwa hingga saat ini terdapat sekitar $8 Juta yang berhasil diretas ditambah dengan satu koin yang tidak memiliki likuiditas yang memiliki nilai sebesar $570 Juta walau tidak bisa dijual. 

Fenomena ini adalah salah satu yang terbesar yang pernah dialami Solana akibat nampaknya cela-cela peretasan dari peretasan sebelumnya mulai ditemukan satu per satu oleh peretas dan langsung dimanfaatkan. 

Hingga saat ini Solana masih menjadi topik hangat di Twitter karena banyaknya laporan dari investor akibat dananya yang tiba-tiba hilang terutama di Phantom dan Slope Wallet. 

Baca juga: Apa Itu Solana? Panduan Lengkap Untuk Pemula

Pihak dari Phantom juga telah menanggapi kasus ini dan menyatakan bahwa tim sedang berusaha untuk kerja sama dengan tim Solana untuk menyelesaikan masalah ini. 

Slope juga telah memberi tanggapan dan menyatakan hal yang sama. Kedua wallet ini memberi saran kepada investor untuk segera memindahkan crypto yang dimiliki ke cold wallet seperti ledger untuk menghindari peretasan lanjutan.    

Insight dan Networking Bersama Crypto Enthusiast

Magic Eden menjadi yang pertama menyadari kasus peretasan ini karena banyaknya laporan dari investor yang menyatakan bahwa mayoritas ekosistem Solana sedang diretas.  

Dikabarkan bahwa saat ini Trust Wallet juga ikut terserang akibat terikat dengan jaringan Solana. 

Untuk saat ini nampaknya peretas masih terus menyerang ekosistem Solana karena sebagian besar aplikasi di blockchain Solana terlihat mengabarkan adanya peretasan. 

Walau Dilacak, Peretas Masih Terus Lanjut

CEO dari Ava Labs, perusahaan yang bertanggung jawab atas Avalanche, Emir Gun Sirer, menyatakan bahwa peretasan masih terus terjadi. 

Hingga saat ini dikabarkan telah terdapat 7.000 wallet yang diretas dan angka tersebut masih terus bertambah dalam jumlah peretasan hingga 20 wallet per menit. 

Yang mengejutkan adalah seluruh peretasan ini terjadi melalui transaksi yang sah, dimana pemilik wallet terlihat menyetujui transaksi ini dengan menekan tombol konfirmasi, yang berarti semua dilakukan melalui phising.

Salah satu analis keamanan blockchain dengan nama twitter @zachxbt berhasil melacak peretas ini dimana ia menemukan bahwa wallet yang digunakan untuk menerima dana peretasan mulai digunakan sejak tujuh bulan yang lalu. 

Ia menyatakan bahwa tujuh bulan yang lalu wallet tersebut didanai melalui satu pengguna di Binance yang biodatanya tersimpan di Binance dan dapat dilacak jika Binance mau memberi informasi tersebut. 

Selanjutnya ia juga menyatakan bahwa wallet tersebut tidak digunakan sama sekali sejak didanai tujuh bulan yang lalu, dan baru aktif lagi sejak menerima dana retasan di hari ini. 

Tercatat bahwa terdapat empat wallet yang terikat dengan peretasan ini dan baru aktif sekitar 10 menit sebelum peretasan besar ini terjadi. 

Mist Track, perusahaan pelacak transaksi blockchain dan crypto menyatakan bahwa hingga saat ini terdapat sekitar $580 Juta yang telah dikirim ke empat wallet peretas tersebut dan kemungkinan akan dikirim ke wallet di Binance yang terikat tujuh bulan yang lalu.  

Peretasan ini adalah salah satu peretasan terbesar yang pernah terjadi kepada Solana akibat cepatnya dan besarnya peretasan ini. 

Salah satu yang mengesankan adalah peretasan sebesar $6 Juta yang terjadi hanya dalam waktu 10 menit. 

Selain itu terdapat peretasan sebesar $500 Juta yang terjadi hanya dalam satu transaksi pada wallet Phantom yang mengejutkan para investor. 

Hingga saat ini banyak yang masih geram dengan kejadian ini akibat seharusnya Solana belajar dari dua peretasan sebelumnya.

Selain itu kejadian ini mengingatkan bahwa Solana lebih mementingkan kecepatan dibandingkan keamanan. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.