Berita Altcoins · 6 min read

Solana Hancur Setelah Peluncuran dApp? Begini Kronologinya

Solana melahirkan proyek terbaru berbasis NFT yang mereka sebut SolChicks. Proyek tersebut adalah game on-chain selanjutnya yang menggunakan model play-to-earn (P2E).

Telah dirancang untuk memberi keuntungan besar pada players, SolChicks akan membiarkan mereka mengambil aset dan menggunakannya sebagai karakter utama mereka sendiri.

Diluncurkan dengan Player-to-Player (PvP), proyek juga telah dipersiapkan untuk “revolutionize the industry”.

Kehancuran Solana Disebabkan SolChicks

Tanpa diduga, hype yang menyelimuti SolChicks justru menjadi penyebab blockchain Solana alami kehancuran.

Hal ini diterjemahkan menjadi perlambatan aktivitas jaringan karena terlalu banyak pengguna yang mencoba mengakses platform melalui Raydium dan Solana, blockchain yang mendukung peluncuran. Akibatnya, jaringan pun menjadi crash.

Tak berselang lama dari isu tersebut beredar, tim di balik proyek memposting permintaan maaf di laman resmi Twitternya.

Lebih lanjut, tim mengungkapkan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki masalah ini. Mereka sedang mencoba menyebarkan liquidity pool guna mendukung game dan model GameFi-nya.

Tim kemudian memberi solusi sementara, dengan mengharuskan pengguna untuk mengklaim CHICKS mereka terlebih dahulu, agar memperlambat transaksi di jaringan dan kapasitas pengguna untuk mengklaim dan bertransaksi dengan aset digital tersebut.

“Dasbor klaim token telah macet, karena jaringan Solana sangat padat. Kami memiliki puluhan ribu klaim dan pembelian simultan dan tidak ada cukup kapasitas di jaringan. Ini adalah sesuatu yang benar-benar di luar kendali kami, dan hanya ada di jaringan Solana.” Klarifikasi dari perwakilan tim.

Solusi Permasalahan untuk Selanjutnya

Untuk selanjutnya, proyek game atau proyek apapun yang berlokasi di blockchain sepertinya harus siap untuk mengirimkan token mereka kepada pengguna yang memenuhi persyaratan saja. 

Hal ini dilakukan guna berkontribusi dalam mengurangi tingkat kemacetan seperti yang terjadi pada di jaringan Solana.

Baca juga: Tunjukkan Pola Bull Trap, Solana Diprediksi Turun ke $60

Selain itu, tim juga memperingati pengguna untuk berhati-hati dengan potensi akun dan alamat palsu, yang mengakibatkan penipuan. Seperti biasa, oknum akan menggunakan popularitas proyek untuk keuntungan pribadi. 

Pada waktu pers, Solana (SOL) diperdagangkan pada $151 dengan koreksi 13,1% pada hari terakhir.

Grafik pergerakan harga Solana yang sedang koreksi
Grafik pergerakan harga Solana yang sedang koreksi

Baca juga: Solana Dilaporkan Terkena DDoS Attack!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.