Berita Bitcoin · 6 min read

Skema Penipuan Crypto, CEO Ini Didakwa Federal AS!

Otoritas federal di negara bagian New York telah mengeluarkan dakwaan skema penipuan terhadap prinsipal perusahaan escrow cryptocurrency, Volantis  yang diakui dalam jumlah lebih dari $ 7 juta.

Menurut pengumuman oleh Departemen Kehakiman (DoJ), Jaksa Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York dan Asisten Direktur Penanggung Jawab Kantor Lapangan New York dari Biro Investigasi Federal (FBI) membuka pengajuan dengan tuduhan pada 25 Juli.

Terdakwa, kepala sekolah Volantis Jon Barry Thompson, juga ditangkap pada hari yang sama.

Thompson diduga membuat pernyataan palsu tentang layanan transaksi Bitcoin yang diklaim Volantis untuk mengamankan lebih dari $ 7 juta dari dua perusahaan yang berbeda.

Dalam pengajuan, para pengadu mengatakan bahwa Thompson menawarkan layanan untuk penyelesaian kripto berisiko rendah dengan bertindak sebagai penjaga bersama untuk dua pihak yang bertransaksi.

Menggunakan Perusahaan untuk Mencuri

Namun, Jaksa Agung A.S. Manhattan, Geoffrey S. Berman mengklaim bahwa Thompson menggunakan layanan ini sebagai kedok untuk skema penipuan ini untuk mencuri uang yang “disimpan”:

Baca juga: Penipuan Crypto Selalu Ada! Hindari Rug Pull Dengan Tips Ini

“Jon Thompson mendorong investor untuk terlibat dalam transaksi cryptocurrency melalui perusahaannya, Volantis Market Making, dengan menggembar-gemborkan struktur transaksi yang akan menghilangkan risiko kerugian selama pembelian. Namun, ketika kliennya menyadari bahwa perwakilan Thompson menipu, para investor cryptocurrency ini terlanjur kehilangan semua uang yang mereka percayakan kepadanya karena kebohongannya.”

Asisten Direktur Penanggung Jawab FBI, William F. Sweeney Jr., lebih lanjut menetapkan bahwa ia percaya Thompson menggunakan jargon membingungkan untuk mengeksploitasi perusahaan yang kurang akrab dengan industri crypto:

“Menggunakan frasa dan terminologi yang tidak dipahami oleh perusahaan korban, ia diduga memanfaatkan ketidaktahuan mereka akan mata uang kripto. Tugas kami di FBI adalah menyelidiki penipuan dan mengikuti uang ke mana pun ia mengarah.”

Pengajuan sendiri ditandatangani pada tanggal 18 Juli, dan berisi kekhususan dari tuduhan penipuan. Menurut pengajuan, terdakwa didakwa dengan dua tuduhan penipuan komoditas serta dua tuduhan penipuan kawat.

Baca juga: Waspada Penipuan Giveaway Shiba Inu!

Seperti dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, DoJ mendakwa seseorang pada 24 Juli karena gagal mendaftarkan dirinya atau perusahaannya dengan Sekretaris Departemen Keuangan AS.

Terdakwa, William Green, diduga menjalankan layanan konversi fiat-to-Bitcoin (BTC) di “Destination Bitcoin” di New Jersey tanpa mendaftar sebagai bisnis pengiriman uang.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.