Shiba Inu (SHIB) Naik 60% Akibat Kabar Uji Coba Shibarium

Naufal Muhammad

9th February, 2022

Dikabarkan bahwa Shiba Inu (SHIB) telah mengalami apresiasi hingga 60% dalam kurang dari satu pekan.

Apresiasi ini terjadi setelah adanya beberapa sentimen positif yang kemudian di dukung oleh konfirmasi dari rencana awalnya di Tahun 2022.

Shiba Inu Uji Coba Shibarium

Salah satu kabar yang signifikan mendorong apresiasi harga ini adalah pengumuman mengenai dekatnya waktu uji coba Shibarium.

Shibarium adalah sebuah blockchain lapisan atau layer kedua yang akan dibangun berdasarkan Blockchain Ethereum.

Tujuan Shibarium adalah mengakomodir transaksi SHIB dan beberapa token lain yang terintegrasi dalam ekosistem Shiba Inu.

Terdapat publikasi bahwa Shibarium akan segera meluncurkan versi uji coba atau testnet yang membuat banyak investor tertarik.

Ketertarikan ini datang karena Shibarium membuat SHIB keluar dari status meme yang sebelumnya dimiliki Shiba Inu.

Rencana Shibarium telah dinanti investor sejak awal tahun ini, setelah Shiba Inu mempublikasi beberapa rencana untuk Tahun 2022.

Baca juga: Shiba Inu Publikasi Roadmap, Target 2022 Naik 30.000%

Pihak SHIB mengatakan bahwa nantinya Shibarium akan memiliki beberapa fitur yang membuatnya unggul.

Diantara beberapa fitur tersebut adalah biaya transaksi yang rendah hingga gratis, transaksi yang lebih cepat akibat tidak bergantung pada Ethereum, dan tempat yang cocok untuk penerbitan NFT.

Bersama peluncuran Shibarium ini, Shiba Inu akan meluncurkan DoggyDAO dan beberapa proyek berbasis Game Blockchain.

Dengan janji bahwa Shibarium akan menjadi tempat yang baik untuk NFT, terdapat kemungkinan besar bahwa ekosistem Shiba Inu akan diramaikan oleh proyek Game Blockchain.

Hal ini disebabkan seluruh Game Blockchain menggunakan NFT sebagai alat dan barang yang ada di permaiannya.

DoggyDAO juga akan menjadi hal yang penting. Dengan adanya DAO atau Decentralized Autonomous Organization, Shiba Inu akan selalu terjaga desentralisasinya.

Terdapat satu sentimen positif lain yang kemungkinan menjadi sentimen positif dalam jangka pendek untuk SHIB.

Token Burn Mendorong Harga Naik

Sentimen positif lain tersebut adalah token burn atau penghapusan SHIB untuk mengurangi jumlahnya yang beredar.

Pada Selasa 8 Februari 2022, tercatat bahwa terdapat sekitar 17 Juta SHIB yang telah dihapus, menambah jumlah SHIB yang telah dihapus saat ini yaitu sekitar 186 Juta SHIB.

Setelah adanya burn sebanyak 17 Juta SHIB tersebut, terdapat tambahan sekitar 2 Juta SHIB yang dihapus membuat secara keseluruhan 19 Juta SHIB hilang dalam 24 Jam.

Penghapusan ini dilakukan melalui pengiriman SHIB ke dalam dompet yang tidak bisa ditransaksikan dan dompet yang “mati”.

Shibburn, perusahaan yang mendedikasikan diri untuk mengakomodir semua terkait burn SHIB, menyatakan bahwa terdapat 1,3 Miliar SHIB yang telah hilang dhiapus sejak Januari 2022.

Baca juga: Mengenal Shiba Inu, Token Pengganti Dogecoin?

Shibburn sendiri mengakomodir burn dengan melakukan beberapa acara, dan ke depannya akan melakukan banyak acara untuk menambah jumlah burn.

Saat ini dikabarkan bahwa Shibburn sedang merencanakan burn kembali sebanyak 186,2 Juta SHIB dan sedang mengajak investor SHIB untuk menambah jumlah tersebut.

Ajakan itu dilakukan melalui penjualan NFT dan beberapa hal lain seharga Rp72.000 per barang yang dibeli. Hasil penjualan akan digunakan untuk membeli SHIB dan melakukan burn dengan SHIB tersebut.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.