Sentimen Crypto Membaik, MATIC Naik 40% dalam 3 Hari

Rossetti Syarief

27th January, 2022

Setelah naik lebih dari 17% dan mencapai intraday high di $1,825 pada 26 Januari kemarin, Polygon (MATIC) berhasil menjadi salah satu blockchain dengan kinerja terbaik di minggu ini.

Keuntungan muncul di tengah rebound yang sinkron di pasar crypto yang dimulai pada 24 Januari. Pada saat penulisan, sejumlah aset digital yang beredar di blockchain sudah mulai mendapat sentimen positif.

Secara rinci, investor dan trader mulai kembali menggelontorkan dana mereka senilai lebih dari $250 miliar di seluruh aset digital. Upaya tersebut kemudian menguntungkan sejumlah aset termasuk MATIC dalam prosesnya.

Kinerja lima belas cryptocurrency teratas dalam 15 hari terakhir. Sumber: TradingView
Kinerja lima belas cryptocurrency teratas dalam 15 hari terakhir. Sumber: TradingView

Valuasi token asli Polygon, MATIC, naik dari $9,77 miliar pada 24 Januari hingga setinggi $13,58 miliar dua hari kemudian.

Sementara itu, harganya juga ikut melonjak dari $1,312 menjadi $1,825 pada periode yang sama, naik sekitar 40% hanya dalam tiga hari.

Perekrutan Profil Tinggi

Antusiasme investor berdatangan di pasar Polygon kembali muncul menjelang pengumuman The Fed tentang kenaikan suku bunga yang dijadwalkan pada sore hari tanggal 26 Januari kemarin.

Baca Juga: The Fed Rilis Laporan Terbaru Digital Dollar, Ini Isinya

Secara rinci, cryptocurrency juga telah melalui beberapa lika-liku dalam beberapa bulan terakhir karena ekspektasi bahwa bank sentral AS akan memulai serangkaian kenaikan suku bunga untuk melawan inflasi.

Demikian pula, pasar saham telah menderita karena prospek neraca The Fed yang menyusut dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Sementara itu, Polygon berhasil mengungguli saingan teratas seperti Bitcoin dan Ethereum dalam hal keuntungan intraday, dan tampaknya perekrutan profil tinggi adalah alasan inti di baliknya.

Head of gaming YouTube, Ryan Watts, meninggalkan raksasa streaming tersebut untuk bergabung dengan Polygon Studios, sebuah token gaming dan nonfungible (NFT), yang didukung oleh dana $100 juta dari protokol layer-2 dengan nama yang sama.

Level Support dalam Polygon

Rebound tajam MATIC menempatkan harga kembali di atas rata-rata pergerakan eksponensial 200 hari (EMA 200 hari) dengan gelombang biru pada grafik di bawah yang menunjukan level signifikan untuk perannya dalam membatasi bias penurunan pasar.

Pergerakan Harga Matic
Pergerakan Harga Matic

Pada 25 Januari, bull MATIC berusaha untuk merebut kembali EMA 200-hari sebagai support hampir seminggu setelah kehilangannya.

Penurunan dan pemantulan di sekitar gelombang biru tampak sangat mirip dengan aksi harga pada periode Juli-Agustus tahun lalu, di mana penutupan di atasnya telah menyebabkan kenaikan harga 200%-plus.

Namun fraktal menunjukkan sentimen beli yang kuat di antara pedagang MATIC di dekat EMA 200-hari.

Oleh karena itu, jika harga bertahan di atas support, kemungkinan melanjutkan uptrend akan terlihat lebih tinggi. Meskipun demikian, momentum bullish berisiko kelelahan di dekat resistance garis tren turun MATIC, seperti yang ditunjukkan pada grafik di atas.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.