Sentimen Bullish Bitcoin Terus Tumbuh, Ini 3 Faktor Pendukungnya

Rossetti Syarief

14th October, 2021

Aset digital memang umumnya bersifat fluktuatif. Namun Bitcoin (BTC) terpantau masih aman, dan membuat orang-orang menanyakan apa faktor kuat dibalik tren bullish Bitcoin tersebut.

Terlebih, saat ini Bitcoin telah menembus harga enam digit serta mengonfirmasi bahwa tren bullish sedang dimainkan.

Jika Bitcoin memasuki pergerakan parabola menuju $110.000, itu adalah sebuah tanda kecocokan dengan prediksi model Stock-to-Flow PlanB. 

Harapan bullish sebagian besar bergantung pada dana yang diperdagangkan di bursa yang telah mendapat persetujuan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). 

Harga Bitcoin di Coinbase

Ditambah ujung dari tindakan keras pertambangan Bitcoin di China, akan memungkinkan memicu sentimen investor. Namun untungnya, Amerika Serikat dilaporkan telah menyumbang 35,4% dari tingkat hash Bitcoin.

Negara bagian Texas dan Ohio di AS juga diperkirakan akan menjadi penampung dan menerima pusat penambangan Bitcoin dengan skala besar, yang secara efektif akan meningkatkan pangsa pasar crypto AS lebih tinggi lagi.

Dengan banyaknya cuap cuap sentimen bullish yang beredar, ini adalah 3 Faktor kuat dibalik bullish Bitcoin bulan ini!

Opsi $830 juta telah Kedaluwarsa dan Menguntungkan Tren Bullish

Mengikuti perkiraan laba bersih sebesar $370 juta pada minggu lalu dari kedaluwarsa opsi BTC, tren bullish memiliki lebih banyak daya tembak dan ini terbukti dalam kedaluwarsa $820 juta pada hari Jumat, 8 oktober.

Keuntungan ini menjelaskan mengapa opsi call (beli) membuka ketertarikannya sebesar 43%, lebih besar dari opsi put netral hingga bearish.

Seperti yang ditunjukkan oleh data di atas, bearish menempatkan $335 juta untuk melawan kadaluwarsa pada hari Jumat, namun nyatanya 92% dari opsi put (jual) cenderung menjadi tidak berharga.

Dengan kata lain, jika Bitcoin tetap di atas $56.000 pada 15 Oktober besok, opsi put netral menuju bearish senilai $36 juta akan diaktifkan pada hari itu juga.

Faktor Dari Bullish Bitcoin

Bullish sendiri memiliki faktor penting untuk mendorong harga Bitcoin di atas $58,000. Dan di bawah ini adalah empat skenario yang paling mungkin terjadi besok (15 Oktober 2021). 

Ketidakseimbangan yang menguntungkan kedua belah pihak mewakili keuntungan teoretis. Yang mana hal ini tergantung pada harga kedaluwarsa, jumlah kontrak call (beli) dan put (jual) menjadi aktif bervariasi:

  1. Antara $52.000 dan $54.000: 3.140 calls vs. 2.110 puts. Hasil bersihnya adalah $55 juta untuk instrumen call (bull).
  2. Antara $54.000 dan $56.000: 3.700 calls vs. 1.240puts. Hasil bersihnya adalah $130 juta untuk instrumen call (bull).
  3. Antara $56.000 dan $58.000: 4.850 calls vs. 680 puts. Hasil bersihnya adalah $235 juta untuk instrumen call (bull).
  4. Di atas $58,000: 6.230 calls vs. 190 puts. Hasil bersihnya adalah dominasi penuh, dengan bulls mendapat untung $350 juta.

Perkiraan mentah ini mempertimbangkan opsi call yang secara eksklusif digunakan dalam persaingan bullish dan menempatkan opsi dalam perdagangan netral hingga bearish. 

Namun, investor mungkin telah menggunakan strategi yang lebih kompleks yang biasanya melibatkan tanggal kedaluwarsa yang berbeda.

Koreksi Harga 7% untuk Menghindari Kerugian

Dalam setiap skenario, bull juga memiliki kendali mutlak atas kedaluwarsa hari Jumat ini, dan ada beberapa alasan bagi mereka untuk mempertahankan harga di atas $56.000.

Di sisi lain, bear membutuhkan pergerakan negatif 7% di bawah $54.000 untuk menghindari kerugian $235 juta atau lebih tinggi.

Namun demikian, trader harus tetap mempertimbangkan bahwa selama bull run, jumlah usaha yang dibutuhkan penjual untuk menekan harga sangat besar dan biasanya tidak efektif. 

Analisis menunjukkan keuntungan yang cukup besar dari opsi call (beli), memicu lebih banyak taruhan bullish minggu depan. Jadi, bersiap-siap lah!

Disclaimer: Artikel ini merupakan berasal dari berbagai sumber dan pandangan penulis, artikel ini bukan ajakan untuk investasi. Semua keputusan ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik