Siaran Pers · 5 min read

Seni Generatif NFT di Tezos

Seni generatif Tezos NFT

Seni generatif di dunia NFT kini mulai diminati dengan model ini, kreator bisa membuat satu NFT menghasilkan banyak NFT lainnya dengan keunikan yang berbeda.

Sebagai blockchain terkemuka yang menjadi pilihan para seniman untuk minting NFT, Tezos menyadari betul bagaimana peluang seni generatif ini, dan menghadirkan layanan seni generatif melalui Fxhash. 

Mengenal Seni Generatif 

Dalam seni generatif, manusia mengandalkan sistem otonom (misalnya perangkat lunak, AI, mesin) untuk membuat karya seni. Salah satu contoh paling awal dari seni generatif adalah permainan musik yang dibuat oleh komposer terkenal Wolfgang Amadeus Mozart pada tahun 1972.

Dalam permainan ini, potongan-potongan musik diambil secara acak dari gulungan dadu, yang kemudian digabungkan untuk menyelesaikan karya tersebut.

Baca juga: NFT Generator, Cara Instan Buat NFT!

Kolaborasi antara manusia dan mesin

Prinsip utama seni generatif adalah kolaborasi dua pihak, manusia dan mesin yang bertujuan untuk menciptakan sinergi antara kreativitas manusia dan efisiensi otomatis.

Dengan seni generatif ini mesin dapat memproses kode dan petunjuk dari seniman untuk menghasilkan kombinasi warna dan bentuk yang unik. Kolaborasi ini merupakan keterampilan sendiri karena tetap menggabungkan penilaian estetika, filosofi, dan emosi manusia. 

Hubungan antara Seni Generatif dan NFT 

Hubungan antara seni generatif dan NFT dapat dilihat di CryptoPunks, proyek generatif yang dibuat oleh Larva Labs. Dengan seni generatif ini 10.000 NFT dihasilkan, masing-masing unik dengan kombinasi atribut acak seperti rambut, warna, dan spesies.

Kolektor CryptoPunks “OG” Snowfro terinspirasi untuk memulai Art Blocks, platform pertama yang hanya berfokus pada seni blockchain generatif.

Proyek seni generatif pertama yang diluncurkan di sana adalah Chromie Squiggles, yang berhasil membuktikan bahwa menghasilkan puluhan ribu output yang tidak identik adalah mungkin.

Untuk membuat seni generatif ini pada dasarnya ada tindakan yang dipicu untuk mencapai kondisi tertentu, misalnya saat mencetak NFT, hash transaksi itu sendiri dapat bertindak sebagai kondisi acak di mana sifat NFT dipilih.

Sejak itu, menjadi semakin populer bagi seniman untuk membuat seni generatif di blockchain melalui kontrak pintar, alih-alih algoritme.

Menurut seniman generatif veteran dan guru di MIT Media Lab  Zach Lieberman menunjukkan bahwa “banyak di komunitas seni generatif telah beralih ke blockchain Tezos untuk eksperimen berbiaya lebih rendah”.

Tezos memiliki platform terbuka fxhash dibuat dengan filosofi dapat diakses oleh semua seniman, tanpa kurasi atau penjagaan gerbang. Artis menerbitkan Token Generatif (GT), disimpan di rantai Tezos.

Ketika kolektor mencetak GT, transaksi pencetakan menghasilkan hash unik yang bertindak sebagai benih di samping GT asli, menciptakan karya seni generatif yang benar-benar unik sebagai NFT.

Baca juga: Platform NFT Terkemuka Pilih Integrasi dengan Tezos

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.