Paus Bitfinex: Semua Inovasi Altcoin “Akhirnya Akan Untungkan Bitcoin”

Wafa Hasnaghina

17th July, 2020

Dalam beberapa minggu terakhir altcoin bergerak mengungguli Bitcoin dengan sangat baik, ini membuat sebuah perbincangan hangat mengenai kegunaan jangka panjang dan kemajuan proyek-proyek berbasis mata uang crypto.

Banyak dari pendukung Bitcoin terkemuka sebenarnya masih menentang keberadaan Altcoin. Mereka menganggap bahwa altcoin yang beredar tidak memberikan nilai apapun dibandingkan dengan Bitcoin. Misalnya saja, ada seorang komentator yang mengatakan penggunaan jaringan blockchain Ethereum saat ini, atau DeFi, tidak lebih baik dari produk keuangan biasa.

Namun, menurut “paus” terkenal di platform Bitfinex, ada beberapa altcoin yang berguna. Ia merasa inovasi yang ada pada altcoin-altcoin tersebut pada akhirnya juga akan mengembangakan jaringan blockchain Bitcoin.

Baca juga: Tahun 2020, Debat Bitcoin vs Altcoins Kembali Memanas!

Inovasi Altcoin Akan Berikan Kemenangan Akhir pada Bitcoin

Sekitar akhir tahun 2018, seorang tokoh misterius bernama “Joe007” muncul dalam komunitas Crypto di Twitter. Awalnya, dia tidak begitu dikenal. Namun, begitu dia memiliki keterkaitan dengan akun Bitfinex yang sedang berkembang pesat, ia mampu menghasilkan jutaan dolar per bulan dan mendapatkan banyak pengikut.

Sempat melakukan hiatus, investor ini terus berbagi pemikiran-pemikiran terkait pasar mata uang crypto dan industri yang lebih luas selama hampir satu tahun saat ini.

Ia juga kembali membuat pernyataan pada 15 Juli lalu, dengan membuat semacam perdebatan mengenai altcoin ini. Dia melakukannya sekali lagi pada 15 Juli, ketika dia mempertimbangkan debat altcoin. Ketika ditanya apakah menurutnya semua altcoin adalah “koin yang tidak berguna”, ia menyatakan:

“Tidak, aku percaya beberapa altcoin itu memiliki kegunaan. Bahkan, beberapa dari mereka memiliki inovasi yang menarik. Pengembangan inovasi ini dibayar oleh pemegang wallet altcoin ini tetapi pada akhirnya akan menguntungkan Bitcoin.”

Komentar ini muncul tak lama setelah paus Bitcoin mengatakan bahwa FOMO di pasar Chainlink (LINK) akhirnya akan melemah. Bagi mereka yang tidak menyadarinya, altcoin populer telah naik hampir 500% sejak kapitalisasi terendahnya pada Maret lalu.

Komentar “paus” ini agak mirip dengan yang dibuat oleh Max Keizer, co-host Laporan Keizer di RT dan salah satu bulls Bitcoin publik pertama.

Keizer baru-baru ini mengatakan kepada Brian Rose dari London Real dalam sebuah wawancara bahwa menurutnya altcoin memberikan sedikit nilai fundamental atas Bitcoin. Alasannya: “altcoin tidak dapat melakukan apa pun, yang Bitcoin dapat atau akhirnya akan lakukan.”

Untuk platform-platform privasi, BTC memiliki teknologi yang akan segera hadir seperti Taproot dan Schnorr Signatures. Untuk transaksi cepat dan juga murah, pengguna dan pengembang BTC akan menggunakan dan mengintegrasikan Lightning Network. Untuk smart contract, BTC memiliki Rootstock dan produk lainnya.

Apakah Gejolak Ekonomi yang Besar Akan Datang?

Sebelum melakukan hiatus, investor Bitcoin ini memberikan semacam peringatan terkait dengan pasar cryptocurrency yang pada akhirnya juga akan menghadapi gejolak ekonomi besar-besaran.

Baca juga: Bitcoin Whale: Dunia dalam Kejutan Ekonomi Terbesarnya

Serupa dengan kekhawatiran banyak analis dan ekonom Wall Street, ia menulis:

“Ini akan menjadi kejutan ekonomi terbesar bagi generasi kita. Ini akan terjadi dalam beberapa gelombang dan seiring berjalannya waktu, memberikan harapan palsu dan kemudian menghancurkannya. Fokus krisis nantinya akan bergeser melalui berbagai bidang. Upaya untuk meringankan dan menyelesaikan satu krisis akan menyebabkan lebih banyak kekacauan. ”

Namun, dia tidak menyebutkan bagaimana guncangan ekonomi ini dapat mempengaruhi pasar mata uang digital.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini