Berita Altcoins · 7 min read

Sejak The Merge Suplai ETH Turun 98%, Harga Ikut Merosot!

The Merge harga ETH turun

Peralihan dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) menjadi proof-of-stake (PoS) telah sukses dilakukan Ethereum pada 15 September.

Salah satu dampak dari peristiwa itu adalah pasokan ETH mulai berkurang setiap harinya. Data dari Ultra Sound Money menunjukkan bahwa aktivitas Ethereum menurun hingga 98% pasca The Merge. 

Setelah transisinya ke PoS, pasokan jaringan mengalami pertumbuhan sebesar 8.322,93 ETH, tetapi apabila jaringan masih berjalan di konsensus PoW akan lebih besar di 141,066.58 ETH. 

Suplai ETH

Jika dilihat dalam 24 jam terakhir, pasokan ETH telah naik 0,35%. Tetapi jika dilihat dari jaringan PoW, maka menjadi 3,89% selama periode yang sama.

Sementara itu, beberapa pihak berpendapat bahwa transisi PoS ini berdampak pada penurunan suplai dan perubahan aktivitas di jaringan ETH, karena biaya gas yang lebih rendah.

Tetapi pada kenyataannya melansir dari Beincrypto.com. aktivitas jaringan juga menurun sebelum The Merge terjadi, dan masih banyak token ETH yang diterbitkan dalam jaringan PoW.

Ethereum Belum Deflasi

Meski terlihat ada pengurangan suplai, ETH belum mengalami deflasi karena token yang dikeluarkan masih lebih tinggi daripada token yang di burn. Jika dilihat secara dekat pasokan masih tumbuh dengan baik meskipun kecepatannya sangat lambat.

Pada hari terakhir pasca The Merge, sekitar 519 ETH telah di burn, tetapi jaringan tetap mengeluarkan 772 ETH setiap harinya. 

Pada waktu bersamaan, pendiri BitMEX, Arthur Hayes juga memberikan sentimen skeptis terhadap deflasi yang akan terjadi setelah penggabungan Ethereum. Pandangannya tujuan The Merge untuk menjadikan “decentralized computer”.

Mantan CEO BitMEX itu juga menjelaskan bahwa The merge sendiri tidak terlalu membawa pengaruh terhadap harga ETH. Fokusnya pada pengurangan inflasi setelah penggabungan.

Kinerja Harga ETH Pasca The Merge

Meskipun terjadi penurunan suplai, pengaruh terhadap harga ETH juga ikut menurun. Jika dilihat dalam beberapa hari terakhir, pergerakan harga diperdagangkan di sekitar $1,300.

Grafik harga ETH 11 hari setelah penggabungan. Sumber: Coinmarketcap

Saat berita ini ditulis, harga ETH $1,295.36 pukul 18.36 WIB, Senin (26/09/2022). Beberapa analisis kripto memperkirakan bahwa setelah The merge akan membawa pengaruh baik terhadap harga aset. Namun, pada kenyataannya sebagian besar harga ETH menurun sekitar 20% sejak penggabungan. 

Baca juga: Pasca The Merge Harga ETH dan ETC Kompak Turun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.