Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Satoshi Nakamoto Minta Bantuan Cryptographer Lain?

Wafa Hasnaghina     Tuesday, June 2 2020

Menurut pengembang awal Bitcoin (BTC), Satoshi Nakamoto mencari bantuan dari para cryptographer lain sebelum meluncurkan Bitcoin.

Laszlo Hanyecz, yang bekerja sangat dekat dengan Satoshi pada 2010, mengatakan bahwa ia bingung dengan pilihan Satoshi terkait kurva eliptik secp256k1 (Kurva Bitcoin). Penggunaan kurva ini, pada saat itu, tidak biasa. Kurva yang jauh lebih umum digunakan biasanya adalah Kurva Eliptik dari National Institute of Standards and Technology (NIST).

Banyak penggemar Bitcoin selama bertahun-tahun berspekulasi mengenai apakah penggunaan kurva ini merupakan sebuah keberuntungan atau kejeniusan, karena ternyata kurva yang dipilih oleh Satoshi ini lebih efisien dan juga membuat backdoor menjadi jauh lebih kecil kemungkinannya.

“Saya Meminta Banyak Orang Untuk Melihatnya”

Pada titik tertentu, Hanyecz pernah mengirimkan sebuah email kepada Satoshi terkait pertanyaan mengapa ia memilih kurva khusus ini, Satoshi menjelaskan kepada Hanyecz bahwa ia memiliki beberapa pakar yang juga ikut membantunya:

“’Saya meminta banyak orang untuk melihatnya (cara kerja kurva ini) dan mereka mengatakan kepada saya bahwa (penggunaan kurva) ini bagus.’ Tetapi Satoshi tidak benar-benar menjelaskannya (kepada saya), dia hanya mengatakan dia memiliki ahli dalam pengembangannya.”

Tidak jelas kapan tepatnya Satoshi mencari bantuan dari luar timnya ini, tetapi yang jelas hal ini dilakukan sebelum ia meluncurkan Bitcoin. Tidak jelas apakah Satoshi hanya memposting pertanyaannya di beberapa forum kriptografi dan milis atau memiliki komunikasi langsung dengan para cryptographer.

Baca juga: John McAfee Tahu Siapa Satoshi Nakamoto?

Beberapa Percobaan Sebelum Bitcoin

Pada kesempatan lain, Hanyecz mengagumi kejeniusan dari rancangan Bitcoin, dan pernah bertanya kepada Satoshi: “Bagaimana Anda membuat hal ini? Apakah Anda akan melakukan ini sendiri?”, tanpa ada rincian lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Satoshi :

“Saya butuh beberapa tahun (…) dan mencoba beberapa percobaan. Saya sudah mengerjakannya (Bitcoin) dalam waktu yang cukup panjang. “

Secara umum, pernyataan ini sesuai dengan akun publik Satoshi terkait pekerjaannya ini, di mana ia mengakui menghabiskan sekitar delapan belas bulan dalam mengerjakan kode tersebut. Kita sebuah belum begitu tahu apakah “beberapa percobaan” tersebut mengacu pada proyek Satoshi sebelumnya atau pada versi Bitcoin sebelumnya.

Akun ini juga menambah sebuah simpul yang menarik mengacu pada perdebatan apakah Adam Back adalah bagian dari tim Satoshi atau bukan. Apakah Adam Back menjadi bagian dari tim, apakah mereka masih perlu mencari bantuan lain? Yang jelas Adam Back, atau mungkin juga Satoshi, bukanlah seorang ahli kriptografi yang terlatih secara profesional. Selain itu, Hashcash memang menggunakan kurva eliptik.

Masalah lainnya lagi adalah, dengan kehati-hatian Satoshi untuk memastikan dia tidak meninggalkan identitas apapun, apakah informasi yang dia bagikan dengan Hanyecz itu jujur?

Meskipun demikian, setiap fakta baru yang berpotensi membantu kita lebih memahami misteri di balik Satoshi Nakamoto dan kelahiran Bitcoin patut dipertimbangkan.

Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini