Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

John McAfee Tahu Siapa Satoshi Nakamoto?

Wafa Hasnaghina     Monday, May 4 2020

Dilansir dari wawancara dengan Cointelegraph dalam Virtual Blockchain Week, penasihat koin pribadi, dan kandidat yang memproklamirkan diri menjadi presiden Amerika Serikat selanjutnya, John McAfee, menegaskan bahwa ia mengetahui identitas Satoshi Nakamoto dengan akurasi 99%.

McAfee Yakin 99% Siapa Satoshi Nakamoto

McAfee menggambarkan Satoshi, tokoh yang populer dikalangan para penggemar Crypto, merancang Bitcoin sebagai “sesuatu yang tidak ada artinya” dan menyatakan “Ia adalah tim yang terdiri dari sebelas orang selama periode lima tahun, yang akhirnya muncul (dengan Bitcoin).”

“Bagaimana mereka memutuskan siapa yang menulis laporan resmi atau dokumen (mengenai Bitcoin) tersebut, saya tidak tahu. Namun, siapa pun yang ingin tahu siapa itu Satoshi, Anda pasti tahu pilihannya, Anda mungkin menebak Craig Wright dengan benar, saya tidak akan menyebutkan nama orang lain, jika iya, Anda akan tahu langsung siapa orang itu, tetapi yang pasti seseorang telah menuliskan dokumen tersebut,” lanjutnya.

Baca juga: Mengapa Identitas Satoshi Nakamoto Tidak Diketahui?

McAfee Identifikasi Petunjuk dalam White Paper Bitcoin

McAfee menegaskan analisis linguistik dari laporan atau dokumen Bitcoin, atau yang dikenal sebagai stylometry, adalah semua hal yang dibutuhkan untuk mengungkapkan identitas Satoshi ini. 

“Jika Anda membaca dokumen tersebut, nomor satu, sangat jelas dia berbicara bahasa Inggris, setiap kata memiliki ejaan berbeda dalam bahasa Inggris dan orang Amerika berbicara bahasa Inggris,” tegas McAfee.

“Nomor dua, dia pergi untuk memberitahu. Hanya ada lima persen dari populasi yang menulis dua spasi setelah titik, segala hal tertulis dalam dua spasi setelah titik. Dan, format dokumen itu identik dengan dokumen yang pernah ia terbitkan secara professional,” tambahnya.

“Jika Anda mengikuti program kepenulisan seharga dua ratus dolar, dan Anda menulis sebuah dokumen resmi dan menjalankannya, dan Anda mengambil salah satu dari kertas yang ia pernah publikasikan, semua orang bisa menulis sebuah dokumen ngomong-ngomong, tetapi hanya satu yang muncul dengan kemungkinan sembilan-puluh-sembilan persen adalah dia.”

McAfee Batalkan Rencana Ungkap Identitas Satoshi

McAfee menceritakan ia sebelumnya berencana untuk mengungkapkan secara terbuka identitas Satoshi. Sebelum akhirnya ia memutuskan untuk membatalkannya setelah menerima panggilan telepon dengan individu tersebut.

“Saya sudah berbicara dengannya di telepon, saya sebenarnya berniat untuk mengungkapkan siapa dirinya. Mengapa? Karena semua omong kosong ini adalah kebodohan, orang-orang membuang waktu pada hal kosong, tadinya saya akan berkata ‘itu orangnya’,” ujar McAfee.

“Dan Anda tahu apa yang dia katakan padaku? Sangat cerdas, dia berkata ‘Okay, bagaimana jika kamu salah?’ lalu dia berkata ‘jika kamu benar, Satoshi seharusnya mempekerjakan lima puluh penjaga keamanan dan mengubah hidupnya, atau keadaan terburuknya dia akan mati.’ Mengapa? Semua orang akan menginginkannya, termasuk pemerintah akan menuntut dia untuk membayar pajak.”

“Lalu dia berkata, ‘Oke, jika kamu benar, orang itu memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu. Namun, bagaimana jika kamu salah? Pada akhirnya kamu akan menghancurkan hidup orang tak bersalah selamanya, dan mungkin menyebabkan kematiannya’,” lanjut McAfee.

“Pada saat itulah aku berkata, ‘Aku mengerti, aku tidak akan berkata apapun lagi, dan namamu tidak akan pernah terucap dari bibirku.’ dan itulah sebabnya aku tidak pernah akan mengungkapkan siapa itu Satoshi Craig Wright Nakamoto, karena jika iya berarti itu terucap dari bibirku.”

“Tapi jika Anda ingin tahu, cari tahu sendiri, itu hal yang mudah.”

Sumber