Santara.co.id Akan Dibanned untuk Sementara Waktu

Dhila Rizqia

5th May, 2021

Cyronium, yang merupakan token asal Indonesia mulai menarik perhatian masyarakat dikarenakan Cyronium memiliki aset yang nyata, yaitu berupa logam mulia. Memiliki set jaminan fisik membuat Cyronium menjadi aset investasi yang lebih terjamin dan stabil serta melindungi modal yang ditanam oleh investor, hal tersebut dapat mencegah harga Cyronium agar tidak turun drastis seperti mata uang digital lainnya. Setiap satu token Cyronium (CRYO) akan dijamin dengan 20 gram emas murni.

Dengan menggunakan teknologi blockchain diharapkan akan memberikan trnasparasi untuk semua pengguna Cyronium. Sistem terdesentralisasi digunakan untuk penyebaran dan jual beli Cyronium, hal ini membuat Cyronium transparan dan bisa diawasi oleh semua pemegang saham dan investor serta tidak memungkinkan untuk dimanipulasi harganya.

Pendiri dari Cyronium, Mardigu Wowiek Prasantyo bahkan telah mendirikan perusahaan bernama PT Santara Daya Inspiratama yang akan menjadi bursa penjualan resi Cyronium di Indonesia. Namun, pada tanggal 2 Oktober 2018 website Santara.co.id diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hingga saat ini website tersebut masih dalam proses perizinan, oleh karena itu website masih teralihkan ke laman “Internet Positif”.

Baca juga: Pundi X Mulai Dijual di Indodax.com

Manajemen Santara telah menyampaikan informasi pemblokiran ini kepada para pengguna melalui e-mail. Dalam email-tersebut juga disampaikan, bagi para pemegang token yang sudah memiliki hak bagi hasil dari UMKM yang listing di Santana, semua perjanjian mengenai bagi hasil akan tetap berlaku dan akan dibagikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan bahwa Santara sedang dalam proses perizinan yang akan  memakan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan untuk memeriksa kelengkapan dokumen, SOP dan sistem Santara. Dikarenakan pihak Santara sedang melakukan crowd funding  untuk Usaha Kecil dan Kelas Menengah (UKM), Santara wajib memperoleh izin dari OJK.

“Atas alasan tersebut segala aktivitas trading akan kami pindahkan sementara ke play.cyronium.com dan website Santara.co.id akan kami tutup sementara sampai proses perizinan selesai,” ujar Mardigu.

Program Emiten atau Token Bisnis yang sudah ada, akan tetap berjalan seperti biasanya, dan kewajiban emiten untuk meng-update prosesnya dan laporan ke pihak Santara akan tetap berjalan secara normal.

Dhila Rizqia

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.

Dhila seorang lulusan studi komunikasi dan media yang memiliki ketertarikan besar pada dunia investasi khususnya bitcoin dan cryptocurrency.