Situs Web Terdesentralisasi dengan Crust dan IPFS

Anisa Giovanny

21st December, 2021

Tiga bulan setelah Crust Mainnet online, Crust telah mendapatkan aplikasi luas di bidang Dapp Hosting Terdesentralisasi.

Pada November 2021, Crust telah digunakan untuk mendesentralisasi penyebaran antarmuka Dapp dari beberapa platform terkenal, termasuk platform Defi terkemuka di dunia Uniswap dan AAVE dan platform cross chain paling berpengaruh Polkadot.

Hosting Dapp mengacu pada penerapan front-end Dapp (kadang-kadang juga disebut antarmuka Dapp) pada layanan Web yang dapat diakses langsung oleh pengguna, menggunakan blockchain atau kontrak pintar sebagai back-end. Dengan mengakses antarmuka Dapp, pengguna dapat mengakses aset mereka di blockchain.

Karena back-end Dapp ada di blockchain, identitas dan aset pengguna didesentralisasi dan aman. Namun, jika front-end Dapp disebarkan pada layanan terpusat, keandalan dan keamanan sistem Dapp akan berisiko.

Dapp Hosting terdesentralisasi berbasis Crust mendistribusikan antarmuka Dapp ke seluruh Jaringan Crust melalui IPFS dalam bentuk transaksi pesanan pada rantai Crust.

Saat mengakses front-end Dapp, pengguna dapat mengambil antarmuka Dapp dari node seluruh jaringan Crust, dan non-kinerja perusahaan atau layanan tertentu tidak dapat mempengaruhi keandalan dan keamanan front-end Dapp.

Kasus Penggunaan

Pada Maret 2021, Uniswap terintegrasi dengan Crust Network dan mencapai desentralisasi Antarmuka Uniswap. Kode integrasi dapat ditemukan di sini. Content ID dari Uniswap versi terbaru adalah `QmTzdYkPdsd5rvPGKA9M7ZbveyeYhdhUTosMrEN4yUN7Fo` (versi kode pada saat penulisan ini).

Distribusinya di Crust Network dapat dilihat di laman ini.

Aave juga mencapai integrasi tersebut pada November 2021. Kode integrasi dapat ditemukan di [https://github.com/aave/aave-ui/pull/151/files]. Versi terbaru dari front-end Aave didistribusikan di Crust Network seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Seperti yang dapat ditemukan pada contoh di atas, Crust Network mendistribusikan file yang disimpan ke node Crust di seluruh dunia.

Solusi Crust

Tujuan menggunakan Crust Network untuk menyebarkan antarmuka Dapp terutama untuk mendesentralisasi distribusi dan akses ke Antarmuka Dapp. 

Distribusi Terdesentralisasi

Untuk mendesentralisasikan distribusi, pengembang Dapp hanya perlu memulai transaksi on-chain yang berisi pesanan penyimpanan di Crust Network. Ketika node Crust Network memantau urutan penyimpanan, mereka akan secara spontan mendistribusikan front-end Dapp ke seluruh Jaringan Crust melalui IPFS.

Akses Terdesentralisasi

Antarmuka Dapp dapat diambil dari node seluruh Jaringan Crust saat pengguna mengakses front-end Dapp. Non-kinerja perusahaan atau layanan mana pun tidak dapat memengaruhi keandalan dan keamanan front-end Dapp.

Selain Uniswap dan AAVE, ada banyak Dapps yang berhasil digunakan menggunakan Crust Network, termasuk Polkadot JS, Patrack, dan proyek lainnya, yang mencakup bidang-bidang seperti Defi, NFT, DID, dan DAO.

Kembangkan Panduan

Pengembang Dapp yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang penerapan terdesentralisasi dapat merujuk ke Crust Wiki.  atau mereka dapat memilih untuk langsung mengintegrasikan Crust Github Action di Github di sini.  Dan mengetahui cara Uniswap dan AAVE terintegrasi.

Selain Hosting Dapp Terdesentralisasi, Crust Network saat ini juga menyediakan layanan penyimpanan terdesentralisasi yang andal untuk NFT, Metaverse, DAO, DID, dan domain lainnya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency