Riset Mengungkapkan Jumlah Transaksi ETH dan BTC Telah Melampaui $1 Triliun Pada 2020

febrian surya

22nd Juli, 2020

Dalam beberapa waktu belakangan ini, orang-orang mulai semakin terbuka dengan teknologi blockchain dalam hal melakukan pembayaran digital untuk barang atau jasa. Hal ini diungkapkan oleh seorang peneliti terkemuka dari Messari, Ryan Watkins.

Ryan Watkins mengungkapkan bahwa jumlah transaksi ETH dan BTC sedang dalam fase penyelesaian untuk menyelesaikan transaksi gabungan senilai $1,3 triliun pada 2020.

Jaminan sistem blockchain untuk penyelesaian pembayaran adalah hal penting yang memungkinkan blockchain publik dapat digunakan secara global.

jumlah transaksi ETH
Quick Fact: Tujuan dari sistem blockchain adalah untuk memberikan jaminan pembayaran secara penuh yang tidak bisa ditolak, dibalikan, atau dibebankan kembali tanpa adanya persetujuan dari penerima, dan dimaksudkan untuk segera menyelesaikan pembayaran tersebut.

Walaupun benar bahwa sebagian orang tidak ingin bertransaksi di pasar volatile seperti kripto, namun sebagian besar memiliki ETH dan BTC untuk tujuan investasi. Serta, tidak benar bila mereka tidak menggunakannya untuk bertransaksi sama sekali.

Dalam 3 tahun terakhir, penyelesaian jumlah transaksi ETH dan BTC mencapai $1 triliun per tahun. Tahun ini menjadi jumlah transaksi terbanyak yakni mencapai $1,3 triliun.

Jaminan penyelesaian pembayaran yang ditawarkan oleh blockchain merupakan kekuatan dan kelebihan dari sistem teknologi ini dan menjadi keharusan bagi blockchain publik. Karena sistem perlu menjamin dan menciptakan lingkungan “kepercayaan” antara dan di antara pihak-pihak yang tidak diketahui untuk bertransaksi bisnis dan bertukar informasi tanpa perantara, serta memastikan integritas data dan menyediakan akses penuh terhadap jejak audit.

Sumber