Ripple Tawarkan Bonus Jutaan XRP untuk Menarik Top Insinyur

By Aulia Medina     Friday, February 15 2019

Ripple secara resmi menolak untuk berkomentar mengenai paket bonus termasuk apakah mereka masih menawarkan bonus tersebut di 2019 ini. Setelah pemberitaan artikel tersebut, juru bicara Ripple mengatakan:

“Ripple tidak menawarkan paket kompensasi untuk insinyur yang di dalamnya termasuk bonus XRP. Di akhir 2018, kami menemukan bahwa seorang perekrut yang dikontrak salah mengusulkan kepada calon karyawan bahwa paket bonus tersebut ada. Orang tersebut  belum bekerja dengan kami dalam beberapa bulan.”

Startup Ripple Silicon Valley mengatakan bahwa mereka tidak menciptakan cryptocurrency XRP. Tapi itu tidak berarti bahwa perusahaan tersebut tidak mengandalkan cadangan tokennya yang besar untuk mencari calon karyawan.

Apakah Ripple benar-benar menawarkan bonus?

Seorang insinyur menunjukan perekrutan Coindesk via email dari akhir 2018 yang menjanjikan paket XRP dari Ripple seharga lebih dari $3 juta selain tawaran gaji yang kecil.

Menurut LinkedIn perusahaan tersebut, Ripple berencana mempekerjakan banyak insinyur dan ahli teknikal, termasuk kepala teknik baru untuk proyek xCurrent-nya, yang bertujuan untuk menyaingi jaringan pesan lama SWIFT di pusat infrastruktur pembayaran global saat ini.

Gajinya bergantung menurut senioritas tetapi berdasarkan perbincangan dengan dua calon karyawan, bonus XRP untuk insinyur umumnya berkisar dari $1 juta sampai $6 juta, menurut evaluasi perusahaan tersebut. XRP diperdagangkan sekitaran $0.30 per token.

(Ripple menolak berkomentar mengenai paket bonus termasuk apakah mereka masih menawarkannya di 2019)

Seorang mantan karyawan Ripple mengatakan kepada CoinDesk bahwa dia tidak pernah mendengar paket bonus XRP sebelum 2017. Namun, dia juga mencatat kesepatakan ekuitas yang baik merupakan standar di Silicon Valley.

Pada September 2018, salah seorang karyawan sebuah perusahaan mengatakan kepada CoinDesk bahwa dia juga menerima sebuah email dari perekrut pekerjaan atas nama Ripple yang mencurigakan karena mereka menawarkan paket XRP yang menguntungkan, seharusnya senilai $3 juta sampai $6 juta. Kedua insinyur tersebut saat ini bekerja di perusahaan papan atas di Silicon Valley, walaupun programer kedua di perusahaan crypto (dengan tawaran yang lebih baik).

Baca juga: CoinGate Dukung Ripple Sebagai Opsi Pembayaran

Sebagai tambahan, email tersebut mengklaim bahwa kapitalisasi pasar global dari “coin Ripplenya” senilai $48 juta. Menurut CoinMarketCap, pada hari email tersebut mengirimkan kapitalisasi pasar global XRP mendekati $13.3 miliar. Calon insinyur tersebut mengatakan kepada CoinDesk bahwa dia menemukan perbedaan.

Membahas penawaran bonus yang tidak biasa, insinyur yang tidak mau diungkapkan identitasnya tersebut berkata bahwa Ripple “adalah entitas yang tidak terkenal di ruang crypto diantara teknologi.” jadi dia percaya bahwa perusahaan tersebut memaksa dengan banyak cara untuk menarik para insinyur” selama bear market.

Perekrutan Bear

Seorang wakil Ripple mengatakan kepada CoinDesk bahwa perusahaan tersebut saat ini mempekerjakan 90 insinyur dan ahli teknologi dengan rencana mempekerjakan “secara agresif” dengan tujuan untuk memperpanjang softwarenya sebagai layanan yang menawarkan dukungan lebih RippleNet mobile Wallet dan proses pembayaran.

Ini adalah bagian dari perekrutan yang masih berlanjut. Wakil perusahaan tersebut mengatakan bahwa Ripple menambahkan 100 karyawan baru di seluruh perusahaan pada 2018. Dia menambahkan:

“Kami bergerak cepat untuk memperoleh talent terbaik, khususnya mengingat tingginya sifat kompetitif dari startup lain yang ingin mempekerjakan kandidat yang mirip.”

Komunitas Ripple sebelumnya Iiason Jon Holmquist berkata kepada CoinDesk bahwa gaji developer dan kompensasi meningkat di Silicon Valley. Seperti Holmquist katakan setiap tantangan perekrutan mungkin berhubungan dengan penurunan pasar yang lebih luas, bukan Ripple pada khususnya.

“Awalnya tidak ada yang mau bergabung dengan crypto selama bear market. Kupikir itu lebih dari masalah industri.” terang Holmquist. “Selalu ada kekurangan bakat.”

Insinyur yang tak mau disebutkan identitasnya tersebut tidak setuju, mempertimbangkan cara lain selain email perekrutan yang dia terima secara rutin.

“Ini untuk peran devop, yang secara umum susah untuk ditemukan, tapi ini merupakan jumlah yang besar,” insinyur tersebut mengatakan merujuk pada gaji dan paket bonuk XRP. “Muncul sedikit keputus asaan.”

Pengusaha serial, Dave Schukin menuliskan di Twitter akhir Juni lalu bahwa perusahaan tersebut menawarkan lebih dari dari $175,000 kepadanya sebagai gaji awal, yang muncul konsisten dengan tawaran lain yang dibagikan CoinDesk.

Mengenai apa yang Ripple cari, perwakilan perusahaan tersebut berkata mereka ingin merekrut ahli perangkat lunak dengan keahlian bahasa Java atau C++.

Kami tidak selalu mencari pakar blockchain – kami selalu dapat mengajarkan keahlian khusus domain, ”katanya. “Kami juga menganggap penting bahwa para insinyur kami membawa diri mereka dengan kerendahan hati dan mampu berpikir kreatif mengenai bagaimana menyelesaikan masalah-masalah sulit.”

Sumber