Berita Blockchain · 5 min read

RepuX dan JoyToken Diduga Hasilkan $80 Juta dari Penipuan ICO

Startup Blockchain, RepuX dan JoyToken dilaporkan telah menarik exit scam initial coin offering (ICO) bersama, menurut Hard Fork dari The Next Web (TNW) pada 16 Mei.

RepuX dan JoyToken dilaporkan menjalankan promosi ICO mereka selama bulan Maret dan April tahun 2018, dan sekarang masing-masing mendapatkan $ 4,7 juta dan $ 3,3 juta. Sejauh menyangkut rencana startup yang disebutkan, Hard Fork melaporkan:

“RepuX mengklaim bahwa mereka sedang mencoba membangun ‘pasar data bertenaga blockchain,’ sementara JoyToken sedang mencoba untuk menciptakan platform perjudian terdesentralisasi, didukung oleh token JOY sendiri.”

Kantor Inggris untuk organisasi-organisasi ini dilaporkan tutup awal minggu ini. Selain itu, situs web dan saluran Telegram yang terkait dengan startup ini telah ditutup, dan tidak ada akun Twitter mereka yang diposting sejak tahun lalu.

CEO JoyToken, Andrew MacDonald, sebelumnya menyebut RepuX sebuah “sister company” di sebuah posting twitter resmi pada awal 2018. Proyek-proyek itu juga berbagi dua penasihat yang sama, Lee Murphy dan Mateusz Mach, menurut basis data ICO ICObench.

Baca juga: Numerai Berhasil Kumpulkan $11 Juta di ICO

Dugaan penipuan ICO

Kedua organisasi ini awalnya mengamankan manajemen komunitas dari situs web solusi pemasaran crypto-centric yang sama, AmaZix, tetapi putus dari platform ketika mereka menolak untuk membayar promotor mereka dengan jumlah yang disepakati. Dalam sebuah pengumuman di forum tentang hubungan yang terputus, AmaZix mengatakan:

“Tim ICO telah menyatakan bahwa karena hasil token mereka yang lebih rendah dari yang diharapkan, mereka tidak lagi bersedia membayar jumlah yang semula dialokasikan kepada para peserta hadiah.”

Dalam laporan sebelumnya oleh Cointelegraph, sebuah studi pada tahun 2018 oleh perusahaan penasehat ICO, Statis Group menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen dugaan ICO pada tahun 2017 adalah penipuan. Penipuan terbesar yang diidentifikasi adalah Pincoin ($ 660 juta), Arisebank ($ 600 juta) dan Savedroid ($ 50 juta).

Namun, perlu dicatat bahwa sebagai persentase uang yang dihabiskan untuk ICO secara keseluruhan, penipuan hanya menyumbang 11% dari dana yang diinvestasikan ($ 1,34 miliar dari $ 11,9 miliar).

Dalam berita yang lebih baru, Facebook baru-baru ini melonggarkan kebijakan ketat sebelumnya tentang blockchain dan iklan terkait kripto, yang pada awalnya dilaksanakan sebagai upaya untuk melindungi pengguna dari penipuan ICO. Sesuai dengan niat awalnya (meskipun ada perubahan baru-baru ini), iklan ICO tetap dilarang.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.