Berita Regulasi · 8 min read

Ada Potensi! Indonesia Dukung Token Lokal untuk Tingkatkan Ekonomi Negara

Token Lokal

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna kripto cukup pesat, menurut data dari kementerian perdagangan Indonesia, negara ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna kripto, jumlah ini pun melebihi pengguna saham yang hanya berjumlah 9 juta. 

Di Indonesia aset kripto pun sudah memiliki klasifikasi yang jelas sebagai komoditas yang diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) di bawah Kementerian Perdagangan. Bappebti bekerja sama dengan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI), sebuah kelompok perdagangan, untuk membuat dan memelihara aturan lisensi untuk aset kripto dan penyedia layanan.

Per 1 Agustus 2022, Bappebti pun telah menerbitkan daftar terbaru untuk 383 kripto yang legal diperdagangkan di bursa berjangka, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Ethereum 
  2. Klaytn 
  3. Solana 
  4. Tezos 
  5. Iota 
  6. Luna coin
  7. Usd coin
  8. Polkadot
  9. The Sandbox
  10. Bitcoin
  11. Cosmos
  12. 0x
  13. Litecoin
  14. Cardano
  15. Chainlink
  16. Uniswap
  17. Stellar
  18. Binance usd
  19. XRP
  20. Tron
  21. Decentraland
  22. Enjin coin
  23. Uma
  24. Polygon
  25. Basic attention token
  26. REN
  27. Qtum
  28. SXP
  29. True usd
  30. BNB
  31. Tetha Network
  32. Synthetix
  33. Compound
  34. Cronos
  35. Vechain
  36. Aurora
  37. Status
  38. Cartesi
  39. Doge coin
  40. Maker
  41. Tether
  42. Storj
  43. Venusprotocol
  44. Zilliqa
  45. Omg network
  46. Harmony
  47. Elrond
  48. Orbs
  49. iExec RLC
  50. Algorand

Daftar lengkap aset kripto yang legal diperdagangkan di Indonesia dapat di akses di dokumen Bappebti.

Melihat pertumbuhan ini dan regulasi yang sudah cukup jelas, Jerry Sambuaga Wakil Menteri Perdagangan pun memaparkan jika Indonesia memiliki rencana besar terkait token lokal. 

“Indonesia sangat berharap memiliki banyak komoditas untuk diekspor. Dan kami dapat mengambil kesempatan ini untuk menjadikan crypto sebagai salah satu produk potensial untuk ekspor,” kata Jerry Sambuaga, wakil menteri perdagangan Indonesia, kepada CoinDesk dalam sebuah wawancara.

“ Jika Indonesia dapat mendorong dan mengembangkan token lokal yang disetujui menjadi “produk berharga”, token tersebut dapat digunakan dan dikenakan pajak sebagai komoditas Indonesia yang diperdagangkan di pasar global.” 

Sambuaga mengindikasikan penerbitan token lokal juga bisa meningkatkan perekonomian negara.

Dia mengatakan token-token lokal bisa menjadi cara untuk mempromosikan Indonesia di luar negeri yang akan mendatangkan “konsumen,” “calon investor” dan “pemangku kepentingan yang ingin berkolaborasi dengan pengembang koin lokal. 

Baca juga: Melihat Peluang Indonesia untuk Jadi Raksasa Baru Crypto Asia

Mendapatkan Legalitas untuk Token Lokal

Untuk bisa diperdagangkan di bursa terdaftar di Bappebti, token digital harus  berbasis teknologi buku besar yang didistribusikan. Itu juga harus diklasifikasikan sebagai “aset” atau “aset yang didukung”, karena penggunaan kripto sebagai alat pembayaran dilarang berdasarkan peraturan lokal, serta hukum Islam.

Semua penerbit token lokal yang mencari tempat di whiteliist juga harus melalui penilaian yang disebut “analytical hierarchy process” (AHP), yang dilakukan oleh ABI dan Bappebti.

ABI melihat kapitalisasi pasar dari aset, bursa yang terdaftar di dalamnya serta manfaat ekonomi dan risiko yang terkait dengan token dan memberikan nilai pada aset sebelum Bappebti meninjaunya.

“Selama memenuhi kriteria, maka mereka bisa dimasukkan dalam whitelist Jadi ini adalah metode yang sangat terbuka dan sangat transparan,” kata Jay Jayawijayaningtiyas, manajer Luno Indonesia. 

Baca juga: Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik dan Legal di Indonesia

Proses Daftar Token Lokal Tidak Mudah

Namun pada realitanya mendapatkan legalitas atau masuk ke daftar whitelist Bappebti bukan  perkara mudah dan harus melalui serangkaian proses serta penilaian yang dilakukan ABI.

Agustino Wibisono, pendiri startup kripto Indonesia Sangkara, telah mencoba untuk mendapatkan persetujuan untuk token yang ia ciptakan, karena tanpa persetujuan, token tidak bisa diperdagangkan di bursa berjangka yang terdaftar di Bappebti. 

“Kami berharap kami akan mendapatkan lisensi kami dengan cukup cepat,” kata Wibisono. 

Sementara itu, dihubungi secara terpisah oleh Coinvestasi, Tokocrypto yang memiliki token bernama TKO mengungkapkan, jika proses yang dilakukan TKO untuk mendapatkan izin tidak terlampau sulit.

” Dari awal tidak ada kendala dan kami memang sudah memenuhi syarat serta jumlah perdagangan TKO juga cukup besar, ” jelas Rieka, VP of Corporate Communication at Tokocrypto .

Menurut Asih Karnengsih, ketua ABI, keadaan menjadi cukup sulit untuk token lokal baru yang belum terdaftar di bursa atau yang diperdagangkan hanya di beberapa platform tidak mungkin mendapat skor tinggi pada tes AHP yang dilakukan oleh asosiasi dan bursa kripto.

“Regulasinya cukup jelas, tapi belum ideal. Jadi apa yang coba dilakukan asosiasi adalah membantu [regulator] untuk mengeksplorasi bagaimana kita dapat membuat prosesnya lebih baik, khususnya untuk memastikan proyek-proyek lokal dapat tumbuh di sini di Indonesia, ”kata Karnengsih.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.