Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

“Rekor Volume Transaksi” Pada Crypto Exchange 2018

Aulia Medina     Wednesday, January 16 2019

Cryptocurrency exchange telah ditutup pada 2018 lalu dengan “Rekor Volume Transaksi”menurut laporan oleh perusahaan peneliti Diar yang diterbitkan pada 14 Januari.

Dalam laporannya, Diar mencatat kedua jumlah perdagangan dan volume perdagangan telah meningkat pada crypto exchange utama di 2018, dibandingkan dengan tahun 2017 lalu. Perusahaan memprediksi bahwa tahun 2019 akan melihat angka yang lebih rendah untuk spot pasar daripada di tahun 2017. Meskipun kemungkinan peningkatan di berbagai perdagangan cryptocurrency.

Menurut data Diar, yang digabungkan dengan volume perdagangan pasar USD di crypto exchange utama Amerika Serikat Coinbase meningkat 21% pada 2018 versus 2017. Dalam periode yang sama, exchange Kraken dan Bitfinex melihat penurunan masing-masing dari 192% dan 50%

Selain untuk meningkatkan volume perdagangan, Coinbase dilaporkan mendaftarkan diri 14% meningkat dalam jumlah perdagangan: dari 82.7 juta penawaran di 2017 ke 94.4 juta di 2018.

Baca juga: Cryptocurrency: Analisis Harga per 11 Januari

Diar juga menganalisa hasil dari Bitcoin (BTC) mining secara aktif sepanjang tahun. Menurut penelitian, pendapatan BTC miner dilaporkan melampaui $5.8 miliyar pada tahun 2018. Pada Januari, miner menghasilkan $1.2 milyar. Namun, angka bulanan merosot sampai 83% sepanjang tahun, dihasilkan dalam kombinasi pendapatan dari $210 juta pada Desember.

Pada awal tahun 2018, jumlah mining pool dipimpin oleh application-specific integrated circuit (ASIC) pabrikan Bitmain, bersama dengan ViaBTC pool, yang mana perusahaan telah berinvestasi di dalamnya, memegang kendali atas 53 jaringan Bitcoin hash power. Pool ini dimulai pada 2019 dengan hanya 39 persen jaringan hash rate.

Diar menyoroti bahwa pergeseran daya dari  beberapa mining pool utama ke jumlah besar dari yang terkecil adalah faktor yang penting dalam meyakinkan jaringan keamanan dari potensi serangan.

“Miner yang tidak dikenal menutup bulan Desember dengan memecahkan 22% dari total blok naik dari 6 persen pada permulaan tahun lalu. Jaringan Bitcoin pada saat ini kecil kemungkinannya untuk diserang dengan melihat faktwa bahwa pool terkontrol BTC.com telah kehilangan dominasi atas jaringan tersebut.”

Seperti yang Cointelegraph laporkan pada bulan Desember, Diar menemukan bahwa investor institusi telah bergeser ke arah likuiditas yang lebih tinggi over-the-counter (OTC) pasar BTC fisik. Pada 2018 Coinbase melaporkan melihat kenaikan 20%  di volume perdagangan BTC jam pasar OTC, sementara Bitcoin Investment Trust Greyscale melihat penurunan 35 persen dalam volume dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017.

Sumber